Polres Solok Selatan bentuk tiga Pospam mudik Lebaran

id Polres Solok Selatan, bentuk, tiga pospam, mudik lebaran,solok selatan

Polres Solok Selatan bentuk tiga Pospam mudik Lebaran

Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti (Antara/Erik)

Solok Selatan (ANTARA) - Polres Solok Selatan, Sumatera Barat membentuk tiga pos pengamanan (Pospam) saat operasi ketupat Singgalang guna mengamankan mudik Lebaran 1445 Hijriah.

Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Sabara,di Padang Aro, Rabu, mengatakan tiga Pospam yang akan dibentuk yaitu di taman Padang Aro, Muaralabuh dan di Sangir Jujuan.

"Pospam ini juga bisa dimanfaatkan untuk istirahat oleh pengendara yang kelelahan," ujarnya.

Dia menyebutkan, selama operasi ketupat Singgalang menyiagakan 100 personel gabungan polisi, TNI dan pemerintah daerah.

Sedangkan untuk apel gelar pasukan operasi Ketupat Singgalang, katanya, akan dilakukan pada 3 April di Mapolres Solok Selatan.

Untuk kelancaran lalu lintas dan mengurangi volume kendaraan selama mudik Lebaran, katanya, masyarakat bisa mulai berangkat tujuh hari atau setidaknya tiga hari sebelum hari raya Idul Fitri sehingga kendaraan tidak berkumpul di titik yang sama dan bisa mengurangi kemacetan serta kecelakaan.

Untuk titik kemacetan lalu lintas di Solok Selatan, katanya tidak ada hanya saja kemungkinan keramaian yang bisa menghambat saat malam takbiran di Ruang Terbuka Hijau Padang Aro dan Muaralabuh.

Untuk pengendara yang akan melintas di Solok Selatan, katanya, perlu mewaspadai jalur sekitar Koto Parik Gadang Diateh, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batanghari karena rawan longsor.

Untuk mengantisipasi titik longsor tersebut kepolisian sudah bekerja sama dengan pihak pengelola jalan untuk menyiagakan alat berat.

"Kami sudah membuat komitmen moril dengan operator alat berat di titik rawan longsor untuk siap bekerja 24 jam untuk membersihkan jalan yang tertimbun longsor," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat yang akan meninggalkan rumah untuk menitipkannya kepada tetangga Wali Jorong ataupun Kapolsek setempat.