Pemprov Sumbar buka dapur umum untuk bantu korban banjir

id bantuan,pengungsi,mahyeldi,sumbar,banjir

Pemprov Sumbar buka dapur umum untuk bantu korban banjir

Gubernur Sumbar Mahyeldi meninjau kondisi korban banjir di pengungsian di Padang. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membuka dapur umum untuk membantu pemenuhan kebutuhan konsumsi korban banjir di Kota Padang.

"Pagi ini kita buka dapur umum di Dinas Sosial Sumbar. Nanti makanan yang telah selesai dimasak oleh petugas akan disalurkan pada titik-titik pengungsian," kata Kepala Dinas Sosial Sumbar Syaifullah di Padang, Jumat.

Ia mengatakan ketika banjir terjadi Kamis (7/3) malam, Gubernur Sumbar, Mahyeldi langsung meninjau ke lapangan, termasuk pada titik-titik pengungsian.

"Gubernur langsung memerintahkan agar masyarakat yang terdampak banjir di pengungsian untuk segera dibantu. Kita langsung menurunkan tim untuk menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji," ujarnya.

Bantuan itu dilanjutkan Jumat pagi ini dengan membangun dapur umum guna memenuhi kebutuhan makanan bagi korban banjir.

Untuk daerah lain yang juga terdampak banjir, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Kementerian Sosial RI untuk penanganan.

"Pihak balai sudah merespons dan tadi pagi langsung bergerak ke Pesisir Selatan mengantarkan bantuan sesuai kebutuhan," ujarnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota lain yang terdampak banjir untuk memastikan kebutuhan korban yang bisa dibantu Dinas Sosial Sumbar.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Mahyeldi meminta semua OPD terkait untuk merespons cepat banjir yang terjadi di beberapa daerah di provinsi itu.

"Perkuat koordinasi dan komunikasi untuk mengatasi bencana terutama yang pertama sekali untuk korban," katanya.

Ia meminta Dinas Sosial Sumbar membantu pemenuhan konsumsi bagi korban banjir karena hujan kembali turun pada Jumat pagi, sehingga ada kemungkinan air kembali naik dan warga di pengungsian mungkin belum bisa kembali ke rumah.

"Karena itu untuk kebutuhan makan dan minum harus dibantu bersama," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sumbar buka dapur umum, bantu konsumsi korban banjir