Pemkot Sawahlunto siapkan bantuan untuk petani terdampak banjir

id Pemkot Sawahlunto

Pemkot Sawahlunto siapkan bantuan untuk petani terdampak banjir

Pj Wali Kota Sawahlunto Zefnihan memantau kondisi lahan persawahan yang terdampak banjir di Desa Talago Gunuang, Rabu. (Antarasumbar/Yudha Ahada) 

Sawahlunto (ANTARA) - Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat sedang menyiapkan bantuan untuk petani di Desa Talago Gunuang Kecamatan Barangin yang sawahnya terdampak bencana banjir bandang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Zefnihan, saat meninjau lokasi sawah terdampak banjir tersebut, Rabu mengatakan perangkat daerah terkait sudah diarahkan agar penyaluran bantuan tersebut bisa dilaksanakan sesegera mungkin.

"Kita hadir bagaimana bisa meringankan para petani di sini yang gagal panen karena sawahnya dilanda bencana banjir. Sementara sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, jadi kita tekankan kepada perangkat daerah agar bantuan yang diturunkan dapat tersalurkan kepada para petani yang terdampak sebelum Ramadhan nanti," kata dia.

Pj Wali Kota Zefnihan juga meminta jajaran perangkat daerah supaya saling berkoordinasi agar tidak hanya satu jenis bantuan saja yang bisa diberikan kepada petani terdampak bencana tersebut.

"Di sini bisa saling bersinergi dari Dinas Sosial, kemudian BPBD, juga ada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian, juga ada DPUPR. Masing-masing bisa turun membantu sesuai tugas dan kewenangannya," kata dia.

Selain untuk di Desa Talago Gunuang itu, Pj Wali Kota Zefnihan juga mengarahkan jajaran perangkat daerah supaya kalau ada lahan sawah di desa lain yang gagal panen terdampak bencana maka juga segera diurus untuk penyaluran bantuan kepada petaninya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Sawahlunto Dedi Ardona mengatakan di Desa Talago Gunuang tersebut tercatat belasan hektar sawah yang terdampak bencana banjir yakni disebabkan meluapnya aliran sungai Batang Malakutan.

"Yang terdampak itu yakni ada 10 Ha sawah yang baru ditanam, ditambah 8 Ha yang rencananya akan dipanen pada Minggu ini. Selain sawah, banjir juga menghanyutkan ternak yakni 3 ekor kambing," ujar dia merinci.