Dila Sofira dan Ahmad Arif Dinobatkan Sebagai Uni dan Uda Duta Wisata 2024

id Duta wisata Padang 2024

Dila Sofira dan Ahmad Arif Dinobatkan Sebagai Uni dan Uda Duta Wisata 2024

Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa menjadi juri kehormatan.  (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Dila Sofira dan Ahmad Arif berhasil terpilih sebagai pasangan Uni dan Uda Duta Wisata Kota Padang Tahun 2024. Keduanya dinobatkan usai menyisihkan 14 pasang peserta lainnya dengan melalui proses penjurian yang cukup alot pada malam grand final di Hotel ZHM Premiere, Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan yang berlangsung dengan sukses ini menghadirkan tujuh orang dewan juri yang diantaranya Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa selaku juri kehormatan.

Dalam sambutan dan arahannya, Wali Kota Padang mengatakan sektor pariwisata merupakan salah satu dari tiga sektor unggulan percepatan pembangunan daerah di Kota Padang.

"Dengan gencarnya promosi pariwisata oleh Uni dan Uda duta wisata, semoga berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Hal ini tentu berdampak kepada pada perekonomian masyarakat, dan perkembangan ekonomi kreatif di sekitar destinasi wisata," ujarnya.

"Selanjutnya saya berharap Uni dan Uda duta wisata diharapkan berkontribusi membantu Pemko Padang dalam membawa pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Padang ke tingkat nasional bahkan internasional. Tapi tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal kita,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani menyebutkan, pada pemilihan tahun ini terdapat 252 generasi muda yang mendaftar untuk bersaing menyabet predikat sebagai Uni dan Uda Duta Wisata Kota Padang Tahun 2024.

"Setelah melalui tahapan seleksi administrasi terpilihlah 86 peserta terdiri dari 48 Uni dan 38 Uda. Kemudian mengerucut lagi menjadi 30 peserta atau 15 pasangan finalis yang berlomba di malam grand final," sebutnya didampingi Ketua Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kota Padang Bima Govaroli.

Di dalam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Uni dan Uda Duta Wisata Kota Padang Tahun 2024 ini, juga diumumkan Uni dan Uda Duta Wisata Kota Padang juara kedua dan ketiga. Kemudian Uni dan Uda Berbakat, Uni dan Uda Favorit serta Uni dan Uda Intelegensia. Selain itu Uni dan Uda Duta Ekonomi Kreatif, Uni dan Uda Duta Lingkungan Hidup serta Uni dan Uda Duta CPB Rupiah dan QRIS Kota Padang 2024.*