Lampaui target nasional, Pj. Wako Padang Panjang harap angka stunting 0 persen

id Wako Padang Panjang,Stunting padang panjang,Berita sumbar

Lampaui target nasional, Pj. Wako Padang Panjang harap angka stunting 0 persen

Pj. Wako Sonny Budaya Putra, terima DAK 2024 untuk penanganan stunting dari Fatmawati, Kepala BKKBN Sumbar

Padang Panjang (ANTARA) - Kerja keras yang dilakukan pemerintah kota Padang Panjang bersama stakeholder dan masyarakat dalam menekan angka stunting dalam dua tahun terakhir berhasil menekan angka stunting kota itu hingga melampaui target Nasional.

Kementerian Kesehatan mencatat pada Februari 2024 angka stunting Kota Padang Panjang, berada pada 13,12 persen, berdasarkan Data elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM)

Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan RI tahun 2021 merilis angka stunting Padang Panjang sempat berada pada angka 20 persen. Namun upaya Pemkot dan berbagai pihak akhirnya angka stunting bisa menurun.

"Pada Februari ini e-PPGBM Kemenkes mencatat angka stunting Kota Padang Panjang, berada pada 13,12 persen dengan prevalensi stunting 14 persen. Meskipun demikian angka stunting harus ditekan hingga ke level terendah (0 persen),” ujar Pj. Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Rabu (28/2) di balaikota.

Sonny, menjelaskan, penanganan stunting, harus dilakukan bersama-sama. Tidak cukup melalui, OPD Dinsos, DKK atau Satgas Stunting saja. Perlu kontribusi dari camat, lurah, TP PKK, Kemenag, KUA, PLKB, TPK. Perlu sinergi yang efektif.

"Alhamdulillah Padang Panjang termasuk yang terbaik penanganan stunting, tetapi itu belum selesai, tantangan ke depan jangan sampai angka stunting naik kembali. Terima kasih pada pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam penurunan stunting di Padang Panjang," kata Sonny.

Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, ST, M.Eng yang hadir pada Rakor tersebut mengatakan, angka stunting berdasarkan WHO bisa ditolerir bila di bawah 20 % atau berada di tataran yang bagus.

"Kendati begitu, berdasarkan Peraturan Presiden No. 72 Tahun 2021, target yang harus dicapai pada tahun 2024 ini harus menurunkan hingga 14% dan penurunan stunting merupakan salah satu kinerja utama Pemerintah Daerah," kata dia.

Kehadiran BKKBN Sumbar pada kesempatan tersebut sekaligus menyerahkan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024 sebesar Rp.1.726.274.000 kepada Pemko Padang Panjang, untuk penanggulangan stunting.

Sementara Baznas Padang Panjang memberikan paket asupan bergizi untuk balita sasaran penanggulangan stunting.