Korban bencana air bandang di Tanah Datar terima bantuan

id bencana air bandang di Tanah Datar ,Bupati Tanah Datar Eka Putra

Korban bencana air bandang di Tanah Datar terima bantuan

Bupati Tanah Datar Eka Putra serahkan bantuan korban bencana air bandang di Nagari Barulak Sabtu, (24/2) (Antara/HO) 

Batusangkar (ANTARA) - Korban air bandang di Jorong Aua , Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten setempat.

"Bantuan itu adalah sebagai bentuk perhatian dan hadirnya Pemerintah Daerah kepada masyarakat yang terkena musibah," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Minggu.

Dia mengatakan, adapun bantuan yang diserahkan merupakan kebutuhan mendasar bagi para korban, berupa sembilan bahan pokok (sembako), selimut dan tikar.

"Semoga bantuan yang telah kita berikan bisa meringankan beban korban musibah air bandang ini, dan kita harapkan masyarakat bisa sabar dan tabah menerima cobaan ini," kata dia.

Dia mengingatkan, cuaca di Kabupaten Tanah Datar akhir-akhir ini susah untuk diprediksi dan diharapkan diharapkan masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi musibah di lingkungan masing-masing.

Menurut keterangan Wali Nagari Barulak, Azisman Dt. Sati Nan Panjang mengatakan air bandang tersebut terjadi pada Jum'at, (23/2) sore.

Air bandang terjadi diduga hujan deras yang terjadi di hulu sungai sehingga membuat aliran sungai tidak mampu menahan debit air dan meluap ke rumah warga.

"Akibatnya tiga jorong di Nagari Barulak yang ada di sepanjang aliran sungai terdampak air bandang, yakni Jorong Aua, Jorong Koto Nan Tuo dan Jorong Kapuak Koto Panjang," kata dia.