Gubernur Sumbar dan Wali kota Padang tinjau kesiapan TPS

id TPS, gubernur, wagub

Gubernur Sumbar dan Wali kota Padang tinjau kesiapan TPS

Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Wali Kota Padang, Hendri Septa dan Wakil Wali Kota, Ekos Albar meninjau kesiapan TPS jelang pemungutan suara. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Wali Kota Padang, Hendri Septa meninjau empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Padang untuk memastikan persiapan pelaksanaan Pemilu yang digelar 14 Februari 2024.

Kita memastikan persiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Selasa.

Ia mengatakan KPPS dan TPS adalah dua komponen penting dalam proses pemungutan suara, karena itu persiapannya harus benar-benar matang.

"KKPS harus ingat untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan agar bisa bekerja secara maksimal," ujarnya.

Ia menyebut pengalaman pada Pemilu 2019, banyak KPPS yang sakit bahkan sampai meninggal tidak boleh terulang.

"Kalau bisa camat setempat bisa membantu kebutuhan KPPS jika harus bekerja secara marathon agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan empat TPS yang ditinjau itu diantaranya TPS 15 Kelurahan Padang Pasir Kecamatan Padang Barat, TPS 13 Kelurahan Lolong Kecamatan Padang Utara, TPS 07 Kelurahan Sawahan Kecamatan Padang Timur dan TPS 28 Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan.

Ia mengatakan dalam pemungutan suara Pemilu 2024, Kota Padang memiliki 2.681 TPS yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Padang.

"Kita berkeliling di empat kecamatan. Kesiapan TPS sudah bagus. Namun, ada beberapa langkah antisipasi yang harus disiapkan anggota KPPS, misal di Padang Selatan yang termasuk daerah rawan banjir," ujarnya didampingi Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar.

Terkait hal ini, pihak kecamatan telah menyusun berbagai mekanisme agar surat suara tidak mengalami kerusakan jika seandainya terjadi hujan intensitas tinggi dan mengakibatkan banjir.

Ia juga berpesan kepada petugas KPPS untuk membantu dan mempermudah proses pemungutan suara bagi pemilih baru yang berusia 17 tahun dan memiliki e-ktp. Menurutnya, partisipasi generasi milenial sangat penting dalam Pemilu 2024.