Ganjar: Pembangunan Indonesia beradab dimulai dari tiga aspek

id debat capres,debat kelima pilpres,debat pilpres,debat ketiga capres,pemilu 2024,capres ganjar pranowo,ganjar pranowo,pil

Ganjar: Pembangunan Indonesia beradab dimulai dari tiga aspek

Tangkapan layar calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat kelima yang berlangsung di Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. ANTARA/Nadia Putri Rahmani

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan pembangunan Indonesia yang beradab dimulai dari tiga bagian, yaitu kesehatan, pendidikan, dan pembangunan.

"Ibu, anak, lansia, disabilitas, masyarakat adat akan mendapatkan peran yang sama di dalam layanan-layanan kesehatan di mana di daerah-daerah terisolir mereka membutuhkan akses ini dengan sangat bagus," ujar Ganjar Pranowo dalam debat kelima Pemilu 2024, Jakarta, Minggu malam.

Dari sisi kesehatan, Ganjar Pranowo dan wakilnya, Mahfud Md, mencanangkan program "1 Desa, 1 Faskes, 1 Nakes". Menurut dia, akses kesehatan diperlukan di desa-desa agar politik kesehatan Indonesia bisa jauh lebih baik.

Apabila aspek kesehatan sudah terpenuhi, lanjut Ganjar Pranowo, pendidikan dan kebudayaan masyarakat harus dibangun bersama-sama agar semua kalangan bisa mengakses pendidikan yang terbaik.

"Akses pendidikan yang baik, lebih inklusi. Kemudian kurikulum yang mantap, dan tentu saja fasilitas yang diberikan harus bisa memberikan akses terbaik untuk anak-anak didik kita, termasuk nasib guru dan dosen," ujar dia.

Visi tersebut berangkat dari pertemuan dengan seorang warga asal Yogyakarta bernama Kalis. Dia mengatakan, Kalis memintanya untuk memperhatikan masyarakat yang selama ini terpinggirkan, utamanya kelompok perempuan dan penyandang disabilitas.

Aspek yang terakhir adalah pembangunan. Menurut dia, pembangunan harus berorientasi pada sumber daya manusia (SDM), budi pekerti yang baik, sopan, toleran, tidak adigang adigung adiguna (orang yang mengunggulkan kekuatan, derajat, kepandaian, red) sehingga mereka menjadi manusia yang lengkap.

Ketiga aspek tersebut, menurut Ganjar, bisa berjalan secara bersama-sama apabila digitalisasi, dengan memperbaiki infrastruktur teknologi seperti internet, menjadi lebih baik sehingga masyarakat akan bisa mendapatkan media yang bagus untuk mengembangkan diri.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta.

Debat pemungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar: Pembangunan RI beradab dimulai dari tiga aspek