Prabowo akan bangun tiga juta rumah di desa, kota, dan pesisir

id Debat kelima,debat capres,debat capres 2024,debat pilpres 2024,pilpres 2024,pemilu, pilpres, pemilu 2024, capres prabowo

Prabowo akan bangun tiga juta rumah di desa, kota, dan pesisir

Tangkapan layar calon presiden dan calon wakil presiden RI nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam debat kelima di Jakarta Convention Center, Minggu (4/2/2024). ANTARA/Citro Atmoko

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berjanji akan membangun sebanyak tiga juta rumah yaitu masing-masing satu juta rumah di pedesaan, perkotaan, hingga daerah pesisir.

"Saudara-saudara, kita akan membangun tiga juta rumah untuk mereka yang belum punya rumah. Satu juta di pedesaan, satu juta di pesisir, satu juta di perkotaan," ujar Prabowo ketika membuka segmen penyampaian visi, misi, dan program pada debat capres pamungkas di Jakarta Convention Center, Minggu malam.

Janji pembangunan rumah itu termasuk ke dalam salah satu rencana besar yang dia usung bersama pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, yang diberi nama Strategi Transformasi Bangsa.

Strategi Transformasi Bangsa, kata Prabowo bertujuan meningkatkan kemakmuran bangsa dan memperbaiki kualitas hidup manusia Indonesia. Pemberian makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia, juga termasuk dalam strategi itu.

Lebih lanjut, demi mengatasi permasalahan kesehatan, Prabowo bakal membangun rumah sakit (RS) hingga puskesmas modern di setiap daerah di Indonesia. Sementara untuk mempercepat penyelesaian masalah kekurangan dokter, Prabowo berjanji akan memperbanyak fakultas kedokteran di Indonesia, dari 92 menjadi 300 fakultas kedokteran.

Tidak hanya itu, Prabowo juga menyebut akan mengirim 10 ribu lulusan SMA yang berprestasi untuk belajar kedokteran dan 10 ribu lainnya mempelajari bidang science, technology, engineering, mathematics (STEM) serta kimia, biologi, dan fisika.

Dalam bidang pendidikan, ia berjanji akan memperbaiki gaji guru, termasuk yang masih berstatus honorer, sekaligus memberikan pelatihan dan penataran untuk memperbaiki kompetensi para pengajar.

Berikutnya, dia menyebut penyelenggara negara, baik Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, hingga penyuluh pertanian, harus diperbaiki gajinya demi meningkatkan kualitas hidup.

"Seluruh penyelenggara negara, ASN, TNI, Polri, penyuluh-penyuluh pertanian di mana-mana, harus kita perbaiki gajinya sehingga kualitas hidup mereka akan baik," katanya.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo akan bangun 3 juta rumah di desa, kota, dan pesisir