Menperin akan keluarkan aturan standardisasi baterai motor listrik

id motor listrik

Menperin akan keluarkan aturan standardisasi baterai motor listrik

Pemilik mobil listrik melakukan pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Ultra Fast Charging (SPKLU) di rest area teras melati ruas tol Jombang-Mojokerto (Jomo) KM 695A Kedungmlati, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (22/12/2023). Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)C capaian kendaraan listrik hingga 23 Oktober 2023 adalah 74.988 unit untuk motor listrik dan 20.414 untuk mobil listrik, sementara pemerintah menargetkan 5 juta unit motor listrik baru dan 6 juta unit motor listrik konversi pada 2025. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/tom. (ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIF)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menyebutkan awal Januari akan mengeluarkan aturan mengenai standardisasi baterai untuk motor listrik.

"Akan ada sebuah terobosan besar mengenai standardisasi baterai untuk motor listrik, mudah-mudahan," ujar Agus saat berbincang di Bali, Kamis (28/12) malam.

Menurut dia, standardisasi baterai motor listrik penting dilakukan agar terjadi keseragaman di seluruh Indonesia.

Standardisasi baterai motor listrik juga bertujuan agar pengendara motor listrik dapat melakukan pengisian daya di berbagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada.

"Sehingga pengendara motor listrik dari Aceh, dia bisa dengan nyaman berkendara listriknya sampai ke Papua, karena apa? Karena dia yakin bahwa substation yang ada di dalam perjalanannya itu menyediakan standar yang sama, tidak hanya untuk satu merk tertentu," kata Agus.

Agus menyampaikan, standardisasi baterai motor listrik harus dilihat berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan para pengguna, bukan dari hasil keputusan sebuah organisasi di tingkat atas.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk juga bersama PT PLN.

"(Ditjen) ILMATE terus-menerus melakukan pembicaraan, diskusi, dialog dengan berbagai pihak, khususnya di sini adalah dengan industri penghasil motor listrik itu sendiri, dan industri penghasil baterai itu sendiri, dan juga kita bicara dengan PLN," ucap Agus.

Baca juga: Kemenperin dorong ada standardisasi baterai motor listrik

Baca juga: BSN tetapkan SNI baterai listrik dukung pengembangan kendaraan listrik

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menperin siap keluarkan aturan standardisasi baterai motor listrik