Bappeda Padang Panjang paparkan rancangan awal RPJPD 2025-2045

id Bappeda Padang Panjang ,berita Padang Panjang,berita sumbar

Bappeda Padang Panjang paparkan rancangan awal RPJPD 2025-2045

Pj.Wako Sonny. BP : Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 Pedoman visi misi kepala daerah. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah RPJPD merupakan salah satu bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sebagai instrumen untuk memberikan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan daerah selama 20 tahun ke depan.

Hal itu disampaikan Pj.Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat, Sonny Budaya Putra. AP, M.Si pada Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padang Panjang 2025-2045, Rabu (27/12) di Hall Lantai 3 Balai Kota.

Menurut Sonny, forum konsultasi publik ini untuk menyusun langkah bersama sebagai wadah mendapat masukan dan saran dari organisasi masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat berkaitan dengan rancangan awal untuk disempurnakan menjadi dokumen RPJPD sebagai acuan bagi kepala daerah untuk empat periode berikutnya.

"Kami berharap forum ini bisa memberi masukan terhadap rancangan awal RPJPD Padang Padang 2025-2045. Sehingga dokumen yang disusun akan berkualitas dan berdayaguna, dan dapat menjawab permasalahan pembangunan. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Padang Panjang," harap Sonny.

Ia menjelaskan, dari segi finansial, Padang Panjang, sangat bergantung dari pusat. Maka tidak mungkin membuat perencanaan yang tidak selaras dengan kebijakan Pemerintah Pusat. Perlu keselarasan arah pembangunan guna mendukung capaian pembangunan nasional.

Sekretaris Bappeda Sumatera Barat, Winny Sayori, ST, M.MP memaparkan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat dengan pembanding Sekretaris Bappeda Kota Padang Panjang yang juga menyampaikan materi rancangan awal RPJPD 2025-2045.

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padang Panjang 2025-2045 digelar Bappeda Kota Padang Panjang dengan menghadirkan Sekretaris Bappeda Sumatera Barat, sebagai narasumber.

Kabid Ekonomi Sumber Daya Alam dan Insfrastruktur Bappeda, Padang Panjang, Erni Afni, ST, M.Sc menyebutkan kegiatan ini didasarkan pada RPJPD 2005-2025 yang akan segera berakhir.

"RPJPD merupakan pedoman acuan bagi kepala daerah dalam visi dan misi. Kita berharap mendapatkan saran dan masukan dari pemangku kepentingan dalam penyusunan awal RPJPD 2025-2045 ini," kata dia.

Mengangkat tema Padang Panjang Agamis, Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan, tema ini diangkat menuju Indonesia Emas 2045 yang disesuaikan dengan karakter Kota Padang Panjang. Hadir pada kesempatan tersebut, OPD di lingkungan Pemkot Padang Panjang, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan lainnya.