Tampung usulan masyarakat, Bappeda Padang Panjang gelar Musrenbang tingkat kelurahan

id Musrenbang

Tampung usulan masyarakat, Bappeda Padang Panjang gelar Musrenbang tingkat kelurahan

Musrenbang tingkat kelurahan di Padang Panjang. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mulai melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan untuk menampung usulan masyarakat berkaitan dengan pembangunan daerah.

Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Padang Panjang, Hartati di Padang Panjang, Rabu, mengatakan usulan yang disampaikan dalam Musrenbang mengarah pada pembangunan masyarakat dan disesuaikan dengan kondisi di kelurahan.

"Hal itu berdasarkan tema Musrenbang tahun ini yaitu meningkatkan pemerataan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak dan berbudaya menuju masyarakat kreatif dan inovatif," katanya.

Musrenbang dilaksanakan setiap tahun dimulai dari tingkat RT. Usulan dari masyarakat akan ditampung dan menjadi usulan di kegiatan yang dilaksanakan pada tahun berikutnya.

Menurutnya usulan dari warga diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah untuk menyusun kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Semua usulan akan ditampung namun tidak semua dapat terlaksana karena semuanya dipilah dan pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan daerah. Kami harap tidak ada yang merasa kecewa dan merasa usulannya tidak ada kelanjutannya" katanya.

Camat Padang Panjang Barat Oksah Kebendrip mengatakan aspirasi dari masyarakat sangat dibutuhkan agar tujuan pembangunan baik secara fisik, ekonomi maupun sosial budaya dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran sesuai kebutuhan.

Lurah Balai-Balai Herick Eka Putra menambahkan sebelum pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan, warga di lingkungan RT sudah lebih dulu melaksanakan kegiatan tersebut pada 10 sampai 13 Januari 2019.

Dalam pertemuan di tingkat RT, usulan yang lebih banyak disampaikan masyarakat yaitu berkaitan dengan bidang ekonomi dan sosial budaya sehingga di tahun mendatang usulan tersebut diharapkan dapat terlaksana.(*)