Tidak kunjung diperbaiki, warga timbun sendiri jalan berlubang di Tanah Datar

id jalan berlubang di Tanah Datar,Berita sumbar

Tidak kunjung diperbaiki, warga timbun sendiri jalan berlubang di Tanah Datar

Warga timbun sendiri jalan berlubang di Kabupaten Tanah Datar (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Warga Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar melakukan penimbunan jalan berlubang secara swadaya di ruas jalan provinsi penghubung Batusangkar -Payakumbuh Senin, (25/12).

Kepala Jorong Ganting Atas,Nagari Tanjung Alam Irwan, di Batusangkar Senin, mengatakan inisiatif warga muncul setelah kerusakan jalan di kampung mereka tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah.

"Karena tidak kunjung diperbaiki kami sebagai masyarakat Tanjung Alam berinisiatif mengisi lubang dengan pecahan semen dan tanah," kata dia.

Dia menyebut, kerusakan jalan provinsi di daerah itu telah berlangsung dalam waktu cukup lama, bahkan beberapa lubang diantaranya sudah tidak bisa dilewati mobil angkutan barang karena kondisinya cukup dalam.

Jalan berlubang itu sangat merasakan bagi warga setempat dan pengguna kendaraan terutama kendaraan roda dua. Hampir setiap minggunya terjadi kecelakaan tunggal diakibatkan jalan berlubang.

"Jalan rusak seperti ini sudah lima tahun, seringkali orang jatuh dua bahkan sampai tiga kali setiap minggunya karena masuk atau menghindari lubang," ujarnya.

Dia berharap kepada pemerintah provinsi untuk memprioritaskan pengerjaan jalan penghubung Payakumbuh-Batusangkar tersebut.

"Mewakili masyarakat dan pengguna kendaraan meminta agar agar jalan ini di aspal ulang sehingga layak dilalui kendaraan," harap nya.