Kapolda Sumbar tinjau Gereja di Padang pastikan pengamanan Natal

id Polda,Sumbar,Padang,Gereja,Natal

Kapolda Sumbar tinjau Gereja di Padang pastikan pengamanan Natal

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono (tengah) dan Gubernur Mahyeldi berfoot bersama usai mengunjungi Gereja Katedral, Padang Barat, Padang, pada Minggu (24/12) malam. ANTARA/FathulAbdi

Padang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat(Sumbar) Irjen Pol Suharyono bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah(Forkopimda) provinsi setempat meninjau sejumlah gereja di Padang pada Minggu (24/12) malam.

"Malam ini dilakukan peninjauan ke sejumlah gereja di Padang demi memastikan rangkaian perayaan Natal 2023 berjalan dengan aman dan kondusif," katanya usai peninjauan langsung.

Dalam peninjauan tersebut Kapolda Sumbar didampingi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi.

"Pengamanan untuk kegiatan Natal sudah kami mulai dari jauh hari, tadi siang juga sudah dilakukan sterilisasi hingga malam ini. Besok akan dilanjutkan pada hari H nya (Senin)," jelasnya.

Ia mengatakan segala pengamanan yang dilakukan oleh Kepolisian bersama dengan TNI, BINda, hingga unsur pemerintah daerah setempat adalah bukti bahwa negara hadir di tengah masyarakat dalam kegiatan apapun termasuk Natal.

Sementara itu Pastor Gereja Katedral Jalan Bundo Kandung, Kecamatan Padang Barat, Padang Mateus mengapresiasi upaya pengamanan yang sudah dilakukan oleh aparat hingga malam ini, sehingga kegiatan misa bisa berlangsung dengan aman dan damai.

Kapolda Sumbar mengungkapkan secara umum rangkaian kegiatan Natal yang dilakukan oleh umat Kristen di Sumbar berjalan dengan aman dan kondusif.

"Setiap Kapolres yang ada di Sumbar malam ini juga melakukan kegiatan yang sama yaitu memantau kegiatan pengamanan Natal bersama dengan unsur pemerintah setempat," jelasnya.

Suharyono mengatakan lancarnya rangkaian kegiatan Natal pada Minggu (24/12) malam tanpa adanya gangguan serta halangan adalah bukti bahwa toleransi di Sumbar terjaga dengan baik.

Oleh karenanya ia mengimbau seluruh elemen masyarakat agar tetap memupuk rasa toleransi itu demi menjaga keamanan dan ketertiban di provinsi setempat.

Selain meninjau Gereja, Suharyono pada kegiatan itu juga mengecek kesiapan para personel yang bertugas pada pos pengamanan Natal dan tahun baru agar tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.