Pengamat sebut tiga cawapres miliki rasa percaya diri saat debat

id Kota Malang,Universitas Brawijaya,Debat Cawapres,Cawapres,Gibran, Muhaimin,Mahfud Md

Pengamat sebut tiga cawapres miliki rasa percaya diri saat debat

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko menyatakan bahwa tiga orang calon wakil presiden debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi.

Anang, kepada ANTARA di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan bahwa pada awal debat cawapres tersebut, baik Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md, menunjukkan rasa percaya diri yang cukup baik.

"Kalau kita lihat dari calon yang lain, pada awalnya juga memiliki rasa kepercayaan diri yang sama," kata Anang.

Anang menjelaskan namun saat memasuki sesi pertanyaan dari masing-masing cawapres, ia menilai ada hal yang mengejutkan di mana cawapres Gibran Rakabuming Raka melontarkan pertanyaan yang cukup sulit untuk diberikan tanggapan oleh cawapres lainnya.

Menurutnya, istilah-istilah yang dilontarkan oleh cawapres nomor urut 2 tersebut cukup merepotkan bagi Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md. Ia menilai, pertanyaan tersebut memang telah disiapkan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Sebagai informasi, dalam debat tersebut cawapres Gibran Rakabuming Raka melontarkan pertanyaan terkait regulasi Penangkapan dan Penyimpanan Karbon atau Carbon Capture and Storage kepada Mahfud Md.

Sementara untuk Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka bertanya soal State of the Global Islamic Economy (SGIE). Dalam kesempatan itu, bahkan Muhaimin menanyakan kepada Gibran, perihal SGIE tersebut.

"Kita bukan hanya bicara soal Gibran Rakabuming Raka, tetapi tim pemenangan Prabowo Gibran membuat istilah yang memang sepertinya sudah diarahkan dan dipastikan, bahwa yang ditanya itu tidak menguasai," katanya.

Selain itu, lanjutnya, pada sesi penutup debat tersebut, Cawapres Mahfud Md dinilai membaca bahan yang terlalu panjang sehingga dinilai tidak melakukan penekanan-penekanan terkait program prioritas.

Sementara untuk Muhaimin Iskandar, lanjutnya, mampu menyajikan penutup yang berupa ringkasan serta ada penekanan terkait apa saja yang menjadi prioritas. Gibran Rakabuming Raka, mampu memberikan penutup yang berbeda.

"Pada saat memberi pernyataan akhir, Gibran memberikan yang berbeda, ini menunjukkan rasa percaya diri," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 November 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.