Pemkab Pasaman Barat raih penghargaan kabupaten inovatif

id Penghargaan kabupaten inovatif

Pemkab Pasaman Barat raih penghargaan kabupaten inovatif

Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra saat menerima penghargaan sebagai kabupaten inovatif tahun 2023 dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di Padang, Kamis (21/12/2023). Antara/HO-Bappelitbangda Pasaman Barat.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menerima penghargaan sebagai kabupaten inovatif tahun 2023 dari Gubernur Sumatera Barat.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra di Simpang Empat, Sabtu, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah melakukan inovasi dalam melakukan kegiatan.

Menurutnya penghargaan sebagai kabupaten inovatif dengan skor 55,05 ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi seluruh OPD untuk terus meningkatkan inovasi supaya tahun berikutnya menjadi kabupaten sangat inovatif.

Apalagi, katanya, inovasi sudah menjadi kebutuhan demi meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

"Jangan berpuas diri dan mari terus berinovasi melakukan terobosan baru demi kepentingan masyarakat," harapnya.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Ikhwanri menyampaikan penghargaan itu diperoleh berkat ditandatanganinya komitmen bersama untuk menciptakan dua inovasi dari setiap OPD pada tahun lalu.

"Mulai awal tahun depan pembinaan akan gencar dilaksanakan secara bertahap untuk mengejar menjadi kabupaten sangat inovatif," katanya.

Ia menjelaskan piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dan diterima oleh Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra pada Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 di Auditorium Istana Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Kamis (21/12) lalu.

Penganugerahan IGA Tahun 2023 itu merupakan penghargaan yang diberikan terhadap pemerintah kabupaten/kota atas laporan informasi data inovasi daerah berdasarkan hasil pengukuran indeks inovasi daerah yang telah divalidasi dan dilakukan pengendalian mutu oleh Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri.

Dengan melibatkan Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) Scientific Modeling Aplication, Research and Training for City Centered Innovation and Technology (SMART CITY) Universitas Indonesia dan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Gajah Mada.

Penghargaan itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 400 .10.11- 6287 tahun 2023 tentang indeks inovasi daerah provinsi, kabupaten dan kota tahun 2023 dengan tiga kategori yakni terinovatif, sangat inovatif dan Inovatif.