Disdukcapil Agam berikan layanan door to door aktifkan aplikasi IKD warga

id Disdukcapil Agam,Berita agam,Berita sumbar

Disdukcapil Agam berikan layanan door to door aktifkan aplikasi IKD warga

Petugas Disdukcapil Agam sedang memberikan pelayanan kepada warga. Dok Disdukcapil Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, Sumatera Barat memberikan layanan door to door atau pintu ke pintu untuk mengaktifkan aplikasi Identitas Kependudukan (IKD) warga di warung Padang Baru, Kecamatan Lubuk Basung, Jumat (22/12).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam Helton di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan ada sekitar puluhan warga mendapatkan layanan untuk mengaktifkan aplikasi IKD.

"Layanan aplikasi IKD ini merupakan layanan terintegrasi berbasis digital untuk menyimpan seluruh data kependudukan warga dalam satu kepala keluarga," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengaktifkan aplikasi ini tidak susah, syaratnya cukup dengan mendownload aplikasi IKD di play store gawai masing-masing warga.

Salah satu contoh keuntungan dari aplikasi IKD ini, misalnya ketika ada salah seorang warga yang telah mengaktifkan aplikasi IKD mengalami kehilangan KTP.

"Maka ia tidak perlu pusing lagi, cukup buka aja di aplikasi IKD yang sudah didaftarkan di gawai tersebut maka semua data kependudukannya akan bisa di buka dan di download lagi," katanya.

Ia menambahkan, pelayanan pengaktifan aplikasi ini diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Malah Disdukcapil Agam juga memberikan layanan hot spot gratis juga bagi warga yang tidak memiliki paket data.

"Fasilitas jemput bola yang kita lakukan ini bertujuan untuk memberikan layanan prima kepada warga yang belum mengaktifkan aplikasi IKD," katanya.

Sementara anggota DPRD Agam Noveri Edios sangat mengapresiasi inovasi yang dicanangkan pihak Disdukcapil Agam itu.

"Ini merupakan pelayanan publik (Yanlik) yang luar biasa oleh Disdukcapil Agam," katanya yang juga ikut mengaktifkan aplikasi IKD di warung tersebut.

Dengan adanya layanan seperti ini, tambahnya, warga akan sangat terbantu, karena tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil Agam untuk mengaktifkan aplikasi tersebut.

Ia berharap semoga inovasi ini dapat dipertahankan karena memberikan manfaat bagi masyarakat.