Gubernur Sumbar: Perlu kolaborasi ciptakan aman saat Natal-Tahun Baru

id Nataru,Sumbar,Mahyeldi,Padang

Gubernur Sumbar: Perlu kolaborasi ciptakan aman saat Natal-Tahun Baru

Gubernur Sumbar, Mahyeldi meminta semua pihak untuk berkolaborasi ciptakan kondusifitas jelang libur Nataru. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi meminta semua pihak berkolaborasi untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi umat Kristen menjalankan ibadah Natal serta bagi wisatawan yang datang berlibur ke daerah itu.

“Setiap pihak terkait di Sumbar harus memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran, saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Sumbar," kata Gubernur Mahyeldi di Padang, Rabu.

Ia mengatakan itu saat memimpin Diskusi Grup Terpumpun (DGT) atau Focus Group Discussion (FGD) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar untuk membahas kesiapan daerah menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru.

Gubernur menekankan setiap instansi dan lembaga terkait perlu memperhitungkan dan memastikan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi permasalahan, kebencanaan, dan kemacetan lalu lintas .

Menurutnya, selama ini kolaborasi antara pemerintah daerah, kepolisian, TNI, BIN, Kejaksaan, dan pihak terkait lainnya, sudah terjalin dengan baik sehingga mudah berkoordinasi guna mengantisipasi Natal dan Tahun Baru.

Ia menyebut Natal dan Tahun Baru kali ini agak spesial karena bertepatan pula dengan agenda tahapan pesta demokrasi. Karena itu keadaan kondusif di daerah harus lebih terjamin.

Selain itu ia mengingatkan pengelola kawasan pariwisata untuk meningkatkan aspek pengamanan di kawasan masing-masing karena kondisi cuaca yang fluktuatif menjelang tutup tahun 2023.

Hal itu menjadi penting karena kawasan wisata diyakini akan kedatangan lebih banyak pengunjung selama libur akhir tahun.

"Kami berharap koordinasi dan sinergi jajaran Forkopimda dengan seluruh pemda dapat menghadirkan rasa aman serta mengantisipasi berbagai potensi permasalahan yang dapat terjadi," ujarnya.

Sebelumnya GM PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan pihaknya telah mengambil langkah antisipasi untuk menjamin kehandalan listrik selama Natal dan Tahun Baru.

Pihaknya juga sudah menyiagakan sejumlah personel untuk siap merespon kejadian terkait kelistrikan selama masa libur tersebut.