Kafilah Bukittinggi tembus Final MTQ ke-40 Sumbar di 13 Golongan

id Kafilah Kota Bukittinggi,MTQ ke-40 Sumatera Barat

Kafilah Bukittinggi tembus Final MTQ ke-40 Sumbar di 13 Golongan

Penampilan kafilah di cabang Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) di MTQ ke-40 Sumatera Barat yang digelar di Solok Selatan (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Kafilah Kota Bukittinggi berhasil menembus babak final Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional tingkat Sumatera Barat ke-40 yang digelar di Kabupaten Solok Selatan.

Sebanyak16 orang kafilah Kota Bukittinggi dari 13 golongan berhasil mencapai babak final yang diperlombakan di 10 lokasi di Solok Selatan, Sabtu.

Pengumuman hasil penilaian dewan juri dilaksanakan di sela-sela penampilan MTQ cabang tilawah golongan dewasa, di GOR Rimbo Tangah, Solok Selatan, Jumat (15/12) malam.

Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi, Eri Iswandi, menyampaikan, babak penyisihan, dilaksanakan sejak Rabu (13/12) hingga Jumat (15/12).

Hasil dari penilaian dewan juri, Kafilah Bukittinggi yang mengikuti 11 cabang perlombaan dengan 30 golongan, berhasil mengirimkan 16 kafilah di 8 cabang dari 13 golongan, masuk ke babak final.

“Alhamdulillah. Hasil yang sangat memuaskan bagi kita Kota Bukittinggi. Ada 16 kafilah Bukittinggi dari 13 golongan dinilai layak untuk mengikuti babak final. Luar biasa, kita doakan semoga penampilan mereka di babak final bisa makin maksimal,” kata Eri Iswandi.

Ia mengaku bangga, adanya peningkatan jumlah kafilah Kota Bukittinggi yang tembus ke babak final, dibandingkan MTQ tingkat Sumbar ke-39 lalu.

“Pada MTQ Sumbar lalu di Padang Panjang, ada 11 kafilah yang berhasil masuk final. Tahun ini ada 13 golongan dari 8 cabang, dengan 16 kafilah, termasuk satu kafilah eksibisi, yakni Tartil Eksekutif," katanya.

Mereka yang masuk final itu, Cabang Tilawah TK Putri atas nama Hanifa Salsabila Aini. Tilawah Remaja Putri, Prima Miftahul Jannah. Tilawah Cacat Netra Putri, Jusmiarni.

Cabang Tahfidz, golongan 1 juz non tilawah putra, M. Imam Ash-Shadiqul Masqud Al Mubarak. Golongan 5 juz tilawah putri, Tanti Anjelin. Tahfiz 20 juz putra, Aufa Imtiyaz Al Afifa.

Cabang Tartil Dasar putri, Qurrata Aini. Cabang Tartil Eksekutif putri, Linda Faroza. Cabang Qiraat Muratal Dewasa putri, Siti Ainur Rahim.

Cabang Khattil Konemporer putra, Yopi Andrivo. Hadits 100 bersanat putra, Fikri Haikal. Khutbah Jumat dan azan, Revo Dwi Arya dan Yan Putra.

Cabang Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) putri, Tuhfatul Aufiya, Aiva Muyanda dan Hijratul Hasanah.

Pengumuman hasil final direncanakan digelar pada Minggu (17/12) yang diawali terlebih dulu dengan Tabligh Akbar yang diisi oleh ulama nasional, Ustadz Abdul Somad (UAS).