DPRD Sumbar paparkan pelaksanaan SMK Expo di Kota Payakumbuh

id Ketua DPRD Sumbar

DPRD Sumbar paparkan pelaksanaan SMK Expo di Kota Payakumbuh

Ketua DPRD Sumbar Supardi. (Antara/HO-Humas DPRD Sumbar).

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memaparkan rencana pelaksanaan SMK Expo di Kota Payakumbuh pada tahun 2024 yang melibatkan sektor industri.

"Ini merupakan peluang untuk berinovasi menciptakan produk-produk baru dan hasil inovasi siswa SMK di Kota Payakumbuh untuk diperkenalkan dalam kegiatan berskala nasional tersebut," kata Ketua DPRD Sumbar

Supardi di Padang, Kamis.

Lebih jauh, Supardi memaparkan SMK Expo tersebut menjadi wadah untuk mengenalkan berbagai inovasi terbaru dari seluruh SMK yang belum ada di pasaran. Jika produk tersebut mendapat perhatian dunia industri maka diharapkan dapat membuka ruang transaksi ekonomi baru.

"Kami yakin SMK di Kota Payakumbuh akan mampu melahirkan wirausaha muda yang potensial mengingat fasilitas yang ada sangat memadai untuk berinovasi melahirkan produk-produk yang dibutuhkan dunia industri," ungkapnya.

SMK Expo memiliki konsep yang hampir sama dengan kompetensi tahunan Lomba Keahlian SMK (LKS). Namun, SMK Expo melibatkan dunia industri.

Dia berharap kepala sekolah, tenaga pendidik dan seluruh pihak terkait dapat mendorong siswa untuk berinovasi menciptakan produk baru dan terbarukan.

Sebelumnya, salah seorang guru SMK Kosgoro 2 Kota Payakumbuh Rina mengungkapkan ketimpangan yang terjadi dalam proses penerimaan peserta didik baru antara SMK negeri dan SMK swasta.

Calon peserta didik baru lebih cenderung memilih masuk ke SMK negeri sehingga SMK swasta menjadi kekurangan murid. Dia berharap persoalan itu menjadi perhatian pemerintah bagaimana agar SMK swasta juga mendapatkan siswa baru lebih banyak lagi.