Sabar AS Lepas Kafilah MTQ Tingkat Sumbar ke Solsel

id Bupati Pasaman, Sabar AS,MTQ Tingkat Sumbar

Sabar AS Lepas Kafilah MTQ Tingkat Sumbar ke Solsel

Sabar AS melepas secara resmi Kafilah MTQ Kabupaten Pasaman di Kabupaten Solok Selatan di Barelong Pusako Anak Nagari, Sabtu kemarin.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, Sabar AS melepas secara resmi Kafilah MTQ Kabupaten Pasaman yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Kabupaten Solok Selatan di Barelong Pusako Anak Nagari, Sabtu kemarin.

Kafilah MTQ Kabupaten Pasaman berjumlah sebanyak 120 orang, terdiri dari 61 peserta, 24 pelatih dan Asisten Pelatih, 35 Official dan pendamping orang tua dari peserta yang tergolong kanak-kanak.

Peserta akan mengikuti 26 Cabang jenis perlombaan yang di lombakan di Ajang MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat ke 40 di Solok Selatan.

Bupati Sabar AS menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh kafilah yang akan mewakili Kabupaten Pasaman di MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Pihaknya berharap, para peserta dapat meraih prestasi terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Pasaman.

"Saya yakin dan percaya, para peserta Kafilah MTQ Kabupaten Pasaman memiliki kemampuan yang mumpuni untuk meraih prestasi terbaik. Oleh karena itu, saya berpesan kepada para peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin," kata Bupati Sabar AS.

Bupati Sabar AS juga berpesan kepada para peserta untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan selama mengikuti MTQ.

Ia berharap, para peserta dapat menjunjung tinggi sportivitas dan fair play.

"Saya berharap, para peserta dapat meraih prestasi terbaik dengan cara yang baik dan benar. Junjung tinggi sportivitas dan fair play," kata Bupati Pasaman Sabar AS.

Dalam sambutannya Bupati langsung menjanjikan menaikkan Bonus bagi para finalis yang mana di MTQ Tingkat Provinsi ke 39 di Padang Panjang, Finalis ke 1 mendapatkan bonus uang pembinaan sebesar Rp30 juta dan pada tahun sekarang menjadi Rp40 juta.

"Begitu juga finalis kedua 2 tahun yang lalu mendapatkan Rp25 juta tahun sekarang kita naikkan sebesar Rp30 juta. Untuk finalis ke 3 dari Rp10 juta menjadi sebesar Rp20 juta," katanya.

Tak hanya itu, bagi yang meraih juara Harapan tetap diberikan bonus sebesar Rp10 juta per orang.

"Ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam mewujudkan Misi Pemerintah Kabupaten Pasaman yaitu Pasaman berimtaq, Pasaman yang cinta Alquran," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Plh Sekda Kabupaten Pasaman, Yasri Uripsah menyampaikan bahwa para peserta MTQ Kabupaten Pasaman telah menjalani pembinaan (TC) selama kurang lebih enam bulan.

"Baik Tc yang dibiayai oleh Pemda maupun Tc yang dilakukan secara mandiri oleh anak- anak dengan pelatihnya. Pembinaan yang telah dilakukan dapat membuahkan hasil yang maksimal," kata Yasri Uripsah.

Kafilah MTQ Kabupaten Pasaman akan berangkat ke Kabupaten Solok Selatan pada Minggu pagi dan akan berada di sana selama 8 delapan hari kedepan.