Dekan Kedokteran kenalkan Universitas Andalas pada Osaka University

id Universitas Andalas

Dekan Kedokteran kenalkan Universitas Andalas pada Osaka University

Tim dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berfoto bersama dengan civitas academica Osaka University. (Antara/HO-Pribadi).

Padang (ANTARA) - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat (Sumbar) Prof Afriwardi mengenalkan perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa tersebut kepada Division of Health Sciences, Department of Midwifery and Woman Health Faculty of Medicine Osaka University.

"Pengenalan ini dalam rangka implementasi kerja sama antara kedua belah pihak," kata Dekan Fakultas Kedokteran Unand Prof Afriwardi melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Sabtu.

Kepada civitas academica perguruan tinggi Jepang tersebut, Prof Afriwardi mengatakan Unand merupakan perguruan tinggi negeri berbadan hukum, yang berada pada kluster mandiri. Hal ini memberikan otonomi bagi universitas dalam tata kelola institusi, dan mendapatkan kesempatan yang lebih besar dalam skema penelitian dari pemerintah.

"Akreditasi Unand saat ini A (unggul) begitu juga dengan Fakultas Kedokteran," kata dia.

Saat ini Fakultas Kedokteran Unand memiliki 28 departemen, 27 program studi dengan jumlah mahasiswa 3.219 orang. Program spesialis yang sedang dikembangkan saat ini adalah urologi, gizi klinik, psikiatri, radiologi dan bedah anak.

Program subspesialis yang sedang dikembangkan saat ini adalah bedah digestive, bedah onkologi, endokrinologi, gastroentology hepatology dan hematology medical onkology.

Kemudian untuk program magister yang sedang dikembangkan adalah magister psikologi dan administrasi rumah sakit. Banyak kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran Unand di antaranya Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM), konferensi internasional, dan visiting profesor.

"Mitra kerja sama terdiri dari universitas di dalam dan di luar negeri, rumah sakit, pemerintah daerah hingga swasta," kata dia.

Dari kegiatan academic exchange antara Fakultas Kedokteran Unand dengan Osaka University, Prof Afriwardi mengatakan banyak peluang kerja sama yang dapat dilaksanakan kedua institusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Kegiatan academic exchange tersebut dihadiri oleh tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yaitu Dekan Fakultas Kedokteran Prof Afriwardi, Wakil Dekan II Prof Hardisman dan Ketua Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Unand Yulizawati.

Sementara dari Fakultas Kedokteran Osaka University dihadiri oleh Prof Kamide, Prof Kabayama, Prof Watanabe, Prof Endo, Prof Mie Shiraishi, Assistant Prof Horighuci, Student Ms. Kanekasu.