IDI Pasaman Barat berikan layanan kesehatan gratis kepada warga

id Layanan kesehatan gratis

IDI Pasaman Barat berikan layanan kesehatan gratis kepada warga

IDI Pasaman Barat melakukan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang dalam rangka HUT Ke-73 IDI di daerah itu, Kamis (2/11/2023). ANTARA/HO-IDI Pasaman Barat.  

Simpang Empat,- (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan pelayanan kesehatan gratis kepada 423 warga, berupa pengobatan massal, sunatan massal, dan donor darah di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kamis.

Ketua IDI Cabang Pasaman Barat dr Oktahermoniza SpB, Subsp.Onk (K) di Simpang Empat, Kamis, mengatakan kegiatan itu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Koramil 06/Ujung Gading, PMI, Polsek Ujung Gading, dan Puskesmas Ujung Gading.

"Ini merupakan bentuk bakti sosial IDI Pasaman Barat kepada warga secara gratis. Mudah-mudahan dengan pelayanan kesehatan ini dapat membantu masyarakat," katanya.

Kegiatan dengan melibatkan dokter spesialis itu, dalam rangka peringatan HUT Ke-73 IDI di daerah setempat. HUT IDI jatuh setiap 24 Oktober.

Ia mengatakan setiap pasien dilayani oleh dokter spesialis. Sebanyak 350 pasien dilayani oleh dokter spesialis penyakit dalam, spesialis anak, spesialis bedah, spesialis bedah onkologi, spesialis THT, spesialis mata, dan spesialis neurologi.

Selain itu, 33 ibu hamil mendapatkan layanan pemeriksaan Ultrasonografi (USG) oleh dokter spesialis obygin, 40 anak mengikuti sunatan massal, dan 10 orang mengikuti donor darah untuk pasien yang membutuhkan darah.

Layanan kesehatan lainnya, antara lain pemeriksaan penyakit tidak menular berupa skrining kesehatan, pemeriksaan kadar gula darah, asam urat, kolesterol oleh Puskesmas Ujung Gading, dan pemberian kacamata baca gratis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Sumbar melalui Klinik Mitra Pasaman Barat.

Pada masa mendatang, katanya, kolaborasi dengan semua pihak akan terus berlanjut dan akan ada aksi sosial lainnya dalam upaya meringankan beban masyarakat kurang mampu.

"HUT IDI ini menjadi momen kami berbuat, berbakti, dan membantu masyarakat. IDI akan selalu hadir di tengah masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan kesehatan hal utama dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan dalam urusan kesehatan maka IDI menjadi garda terdepan penanganan.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Pasaman Barat Titi Hamsuardi mengharapkan kerja sama dalam pelayanan kesehatan masyarakat setempat terus ditingkatkan pada masa mendatang.

Apalagi, katanya, pemkab setempat juga sedang memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat.

"Terima kasih IDI dan semoga pelayanan kesehatan gratis sampai ke daerah-daerah terisolir nantinya," katanya.