Tim inovasi Semen Padang raih predikat Gold pada ICQCC Beijing

id Semen Padang

Tim inovasi Semen Padang raih predikat Gold pada ICQCC Beijing

Tim Kim-Pro dari PT Semen Padang menerima predikat Gold pada ajang ICQCC yang digelar di Beijing, Rabu (1/11/2023). Antara/HO-Humas Semen Padang.

Padang (ANTARA) - Dua tim inovasi PT Semen Padang sukses meraih predikat Gold atau penghargaan tertinggi pada ajang inovasi International Quality Convention Quality Control Circle (ICQCC) di Beijing pada 29 Oktober hingga 3 November 2023.

Kedua tim itu ialah Tim Bridge dari Unit Pemeliharaan Listrik dan Instrumen 2, dan Tim Kim-Pro dari Unit Quality Assurance.

Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Datuak Tumangguang Basa mengaku bangga atas prestasi yang diraih dua tim inovasi PT Semen Padang.

"Alhamdulillah, kami sangat bangga atas prestasi tertinggi yang berhasil diraih di ajang ICQCC. Tim yang dikirim, keduanya meraih Gold. Selamat untuk kedua tim," kata Asri Mukhtar, Rabu.

Asri Mukhtar berharap prestasi yang diraih kedua tim inovasi ini ini dapat menjadi motivasi bagi insan PT Semen Padang lainnya untuk terus berinovasi pada proses bisnis yang ada di PT semen Padang. Karena, inovasi sangat erat kaitannya dengan efisiensi.

"Kedua tim ini harus menjadi semacam trigger bagi yang lain. Itu harapan kami," ujarnya.

Kepala Departemen Pemeliharaan PT Semen Padang Muhammad Safitri, yang menjadi observer pada ajang ICQCC itu menyebut bahwa ajang inovasi tingkat internasional ini dikuti oleh 25 negara yang terdiri dari 642 tim dengan jumlah inovator sekitar 2200 orang.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan pada ajang inovasi tersebut, semua tim tampil dengan inovasi terbaiknya.

"Begitu juga dengan Tim Bridge dan Kim-Pro. Kedua tim ini berhasil tampil maksimal dan mampu meyakinkan dewan juri. Mulai dari presentasi, hingga format presentasinya yang sesuai dengan yang dipersyaratkan, seperti presentasi tentang mengindentifikasi masalah, hingga presentasi bagaimana menyelesaikan masalah secara terukur, serta metode penulisan inovasi tersebut," katanya.

Menurut Safitri, keberhasilan Tim Bridge dan Tim Kim-Pro meraih predikat tertinggi diajang ICQCC di Beijing ini, tidak terlepas dari adanya dukungan, semangat dan motivasi dari manajemen. Dan, dukungan tersebut dibuktikan dengan banyaknya tim inovasi yang telah dikirim ke pelbagai ajang inovasi tingkat inoternasional.

Pada awal September 2023, Semen Padang juga mengirim tim inovasi Bonus Liner ke ajang international Quality & Productivity Convention (IQPC) 2023 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Di sana, Tim Bonus Liner juga berhasil menyabet prestasi predikat Excellent, yang merupakan penghargaan tertinggi ajang IQPC.

Safitri mengatakan, dengan banyaknya tim inovasi yang telah diikutsertakan oleh PT Semen Padang ke pelbagai ajang inovasi tingkat internasional, tentunya akan banyak manfaat yang didapat. Baik bagi perusahaan maupun bagi inovator sendiri "Salah satunya, para inovator akan memperoleh banyak tambahan ide-ide inovasi dari berbagai perusahaan dan negara yang ikut berpatisipasi," katanya.