Sinergi pengelolaan PPJ dan PJU, PLN - Pemda Tanah Datar teken MoU

id PLN,PPj, PJU

Sinergi pengelolaan PPJ dan PJU, PLN - Pemda Tanah Datar teken MoU

PLN-Pemkab Tanah Datar teken MoU pengelolaan PJU dan PPJ. (ANTARA/HO-PLN)

Batusangkar (ANTARA) - Guna memperkuat sinergi sekaligus sebagai langkah optimalisasi pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) & Penerangan Jalan Umum (PJU), PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat lalukan Penandatangan MoU bersama Pemda Kabupaten Tanah Datar pada Rabu (11/10) di Kantor Induk PLN UID Sumbar.

Agenda tersebut dihadiri langsung oleh General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, Senior Manager Distribusi Anton Sugiarto, Senior Manager KKU Cipto Adi Sumartono, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh Wilsriza, Manager UP3 Bukittinggi Rudi Hamiri, serta Bupati Kab Tanah Datar dalam hal in diwakilakan oleh Assistan Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra Bapak Elizar, beserta jajaran kepala dinas pemkab tanah datar.

Dalam kesempatan tersebut GM PLN UID Sumbar menyampaikan apreasiasi kepada Pemkab Tanah Datar atas dukungan yang luar biasa karena telah bekerjasama dengan PLN untuk memberikan layanan listrik andal kepada masyarakat.

“Kami berharap melalui sinergi ini, PLN dapat terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Kolaborasi merupakan hal yang sangat penting bagi kami, mendengarkan masukan sekaligus mendapatkan dukungan agar kinerja PLN semakin baik. Alhamdulillah Pemda Kabupaten Tanah Datar mendukung penuh upaya PLN dalam optimalisasi layanan kelistrikan khususnya pada PJU dan PPJ,” ucap Eric.

Dalam sambutannya Eric juga menyampaian tentang PJU Mandiri yang merupakan produk PLN dimana penerangan jalan yang dapat dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar kawasan atau pemohon tertentu.

“Berbeda dengan PJU pada umumnya yang berada dalam pengelolaan pemerintah kota atau pemerintah daerah setempat, PJU mandiri murni dibiayai swadaya masyarakat, bahkan PJU mandiri saat ini untuk biaya penyambungan adalah Rp 0 (Nol) dengan syarat ketentuan, PJU Mandiri sebagai dukungan dari PLN agar dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat termasuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya yang beraktifitas pada malam hari,"tambahnya.

Selain membantu PLN dalam pelayanan, dukungan berupa himbauan bayar listrik dan komitmen pembayaran tagihan PJU tepat waktu merupakan bentuk dukungan dan kontribusi positif masyarakat Kabupaten Tanah Datar terhadap PLN. Kontribusi tersebut juga berimbas baik dalam hal percepatan pembangunan daerah melalui Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang terdapat pada setiap tagihan listrik pelanggan.

Sementara itu Bupati Kab Tanah Datar dalam hal ini diwakili oleh Assistan satu Bidang Pemerintahaan dan Kesra Elizar menyampaikan dukungan terhadap program PLN dan berharap sinergi semakin kuat sehingga berimplikasi positif terhadap percepatan program pemerintah untuk kemajuan daerah.

“Harapan kami PLN dapat terus memberikan listrik andal, terus melayani dan menerangi masyarakat di seluruh pelosok nagari agar semua masyarakat bisa mendapatkan dan menikmati listrik, tidak lupa kami juga mengapresiasi upaya PLN untuk bersinergi dengan Pemerintah daerah Kab Tanah Datar, Semoga layanan PLN semakin terbaik kedepannya,"ungkapnya.