Pilwana serentak, ASN di Tanah Datar tetap masuk kerja

id ASN di Tanah Datar,Pilwana serentak tanah datar,Bupati Tanah Datar Eka Putra

Pilwana serentak, ASN di Tanah Datar tetap masuk kerja

Bupati Tanah Datar Eka Putra (Antara/Etri Saputra)

Ba (ANTARA) - Sebanyak 54 nagari atau desa di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat bakal menghelat pemilihan wali nagari atau kepala desa (Pilwana) serentak 2023 pada Selasa, (26/9).

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Senin, mengatakan meskipun ada pemilihan wali nagari serentak, tidak ada libur bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah itu.

"Pada Pilwana besok untuk sekolah kita liburkan. Tapi bagi ASN tetap masuk kantor, pagi silahkan salurkan hak pilihnya setelah itu kembali ke kantor," kata Bupati.

Dia mengingatkan ASN ataupun masyarakat untuk tidak golput pada Pilwana serentak 2023, karena satu suara menentukan pemimpin di nagari enam tahun yang akan datang.

"Saya mengajak, ayo kita salurkan hak pilih kita di TPS masing-masing pada Selasa 26 September, karena suatu suara kita menentukan pemimpin di nagari dimasa yang akan datang," kata Bupati.

Dia juga berharap, dalam mensukseskan pelaksanaan Pilwana serentak diharapkan dukungan dan peran serta dari semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Sebelumnya Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra S.I.K, mengatakan pihaknya menerjunkan kurang lebih 200 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari serentak 2023.

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan terkait dengan potensi kerawanan yang akan terjadi, namun sejauh ini hasil pantauan pada 54 nagari yang akan mengikuti pilwana serentak semuanya masih terpantau aman dan kondusif.

"Kita juga sudah melakukan pemetaan potensi apa yang menjadi kerawanan, kita tetap monitor karena potensi kerawanan pasti ada, baik kerawanan masyarakat maupun disaat pemilihan, sementara untuk daerah sampai saat ini masih landai," kata dia.