Peserta JKN KIS dan pasien umum mendapatkan pelayanan setara

id Indah, bpjs kesehatan cabang padang

Peserta JKN KIS dan pasien umum mendapatkan pelayanan setara

Indah (17) peserta penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI APBN merasakan pelayanan setara dengan pasien umum. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Kabar tidak benar tentang pelayanan antara peserta penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) dengan peserta umum mendapatkan pelayanan yang berbeda saat berobat di fasilitas kesehatan kadang masih sering terdengar.

Isu yang tidak bertanggung jawab itu mengatakan bahwa peserta umum akan diutamakan dibandingkan dengan peserta penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Isu tersebut dibantah oleh Indah (17) peserta penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI APBN yang telah melewati pengobatan di faskes tempat dia tinggal.

“Pelayanannya bagus, saya tidak merasa dibedakan dengan pasien lain yang mendaftar sebagai peserta umum,"katanya.

Indah (17) mengaku saat berobat di faskes tempatnya tinggal, dia merasakan pelayanan yang sama dan setara. Tidak ada perbedaan pelayanan antara dia yang peserta penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) dengan peserta umum.

Hal ini juga dirasakan oleh Asni (35) orang tua dari Alifah (12) yang mengalami retak pada pergelangan kaki. Alifah merupakan peserta penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI APBN.

“Anak saya dirawat selama 3 hari di rumah sakit untuk digips kakinya karena retak. Hari kedua menjelang di gips dia dipasangkan infus dan dihari ketiga anak saya sudah boleh pulang. Selama anak saya dirawat saya dan anak saya diperlakukan seperti biasa. Saya tidak merasakan perbedaan antara anak saya dengan pasien umum lainnya,” ungkap Asni.

Setiap peserta berhak merasakan pelayanan yang sama dan setara. Tidak ada perbedaan antara peserta umum dengan peserta penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Semoga lebih baik kedepannya dan jaya selalu,” kata Indah (17). *