Desa di Pariaman tanam ribuan pohon untuk penghijauan daerah

id Desa di Pariaman,penanaman pohon pariaman,berita pariaman,berita sumbar

Desa di Pariaman tanam ribuan pohon untuk penghijauan daerah

Sekda Kota Pariaman, Sumbar Yota Balad (tengah) sedang menanam pohon saat penanaman pohon bersama di Desa Rambai, Pariaman Selatan, Selasa (29/8). Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Desa Rambai, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menanam ribuan pohon produktif di lahan tidur di daerah itu guna menghijaukan daerah serta bisa menjadi sumber perekonomian warga.

“Mudah-mudahan dengan tanaman buah dan kayu yang mereka miliki nantinya Desa Rambai bisa menjadi ikon penghijauan di Pariaman dan menjadi desa percontohan di Sumbar," kata Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yota Balad di Pariaman, Kamis.

Ia mengajak warga di daerah itu untuk peduli dengan kelestarian lingkungan guna menciptakan lingkungan yang asri sehingga udara lebih sejuk dan bersih.

“Penanaman bibit pohon ini sangat penting sekali untuk penghijauan dan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi tanah serta banjir. Selain itu dengan adanya penghijauan akan menjaga ketersediaan oksigen yang bermanfaat untuk makhluk hidup," katanya.

Oleh karena itu ia mengapresiasi program penghijauan yang dilakukan oleh Desa Rambai. Bahkan menurutnya Desa Rambai menjadi desa yang memprakarsai menciptakan penghijauan di tingkat pemerintahan terendah di Pariaman.

Sementara itu, Pejabat Kepala Desa Rambai Rismen mengatakan penanaman pohon tersebut tidak saja dapat untuk menciptakan daerah yang asri namun juga dapat menjadi langkah pemanfaatan lahan tidak produktif untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

“Dikarenakan banyaknya lahan tidur milik masyarakat Desa Rambai yang tidak termanfaatkan maka sesuai izin dari masyarakat setempat, lahan tersebut dimanfaatkan untuk penghijauan," ujarnya.

Ia mengatakan penanaman pohon tersebut dilakukan karena semakin luasnya lahan gersang akibat tingginya kebutuhan warga akan kayu dan pembangunan perumahan.

Menurutnya dengan penanaman pohon tersebut maka kawasan pedesaan di daerah itu akan terlihat asri karena lebih hijau dan sejuk.

Selain untuk penghijauan, lanjutnya penanaman pohon yang dilakukan juga untuk membantu peningkatan perekonomian warga karena bibit pohon yang ditanam merupakan tanaman produktif atau yang dapat menghasilkan buah sehingga dapat membantu perekonomian warga.

Adapun jenis bibit pohon bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumbar yang ditanam dan dibagikan kepada setempat yaitu jengkol, petai, pinang, jambu madu, dan pohon matoa.

Selain untuk kebutuhan perekonomian, lanjutnya jenis pohon yang ditanam juga sebagai upaya membuat cadangan kayu untuk pembangunan perumahan. Adapun jenis pohon yang ditanam untuk maksud tersebut yaitu diantaranya pohon mahoni, bayur, dan surian.