RSUP Dr. M Djamil keluarkan lima ribu kantong darah setiap bulan

id RSUP M Djamil, kantor darah, rujukan utama

RSUP Dr. M Djamil keluarkan lima ribu kantong darah setiap bulan

Kegiatan donor darah kerja sama RSUP Dr. M. Djamil dengan Kecamatan Padang Timur, di  Aula Kantor Camat Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat pada Rabu, (30/8). (ANTARA/Melani Friati/23)

Padang (ANTARA) - RSUP Dr M. Djamil Padang, Sumatera Barat mengeluarkan sekitar lima ribu kantong darah setiap bulan, dikarenakan sebagai rumah sakit rujukan utama.

"Hampir lima ribu kantong darah yang kami keluarkan di RSUP Dr. M. Djamil sebulan, " kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Dr. M. Djamil Padang Sumatera Barat (Sumbar), Katherina Welong mengatakan RSUP Dr M. Djamil di Padang, Rabu.

Ia mengatakan, besarnya kantong yang dikeluarkan karena pasien dengan tingkat berat dirujuk ke rumah sakit tersebut.

"RSUP Dr. M. Djamil merupakan pusat rujukan, artinya pasien yang dirujuk merupakan pasien level 3 atau berat yang juga butuh donor darah di sana,” sebutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan darah tersebut, salah satu upaya dilakukan RSUP Dr. M. Djamil bekerja sama dengan Kecamatan Padang Timur, menggelar kegiatan donor darah di Aula Kantor Camat Padang Timur.

“Dengan menjemput layanan seperti ini, maka kebutuhan masyarakat kita akan darah di RSUP. Dr. M. Djamil dapat terpenuhi,”ujarnya.

RSUP Dr. M. Djamil juga memiliki Unit Transfusi Darah (UTD) sendiri, disamping juga bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Sebelumnya RSUP. Dr. M. Djamil juga sudah pernah menjalin kerja sama jemput layanan aksi donor darah di Kecamatan Pauh, dan Padang Barat,”sebutnya.

Sementara itu Camat Padang Timur Siska Meilani menyebutkan, untuk menarik minat warga mendonorkan darah, setiap pendonor mendapatkan hadiah berupa satu papan telur ayam.

“Kami menargetkan sebanyak 150 orang, tapi sepertinya yang hadir lebih dari 150 orang, karena bonus-bonus yang kita berikan untuk warga yang hadir cukup menarik,"ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi penggerak hati, khususnya bagi warga Padang Timur untuk membantu sesama melalui donor darah.

"Semoga bisa menjadi penggerak hati masyarakat karena setetes darah sangat berarti bagi yang membutuhkan," katanya.

Selain aksi donor darah, juga dilakukan sosialisasi dan publikasi tentang pelayanan kesehatan yang ada di RSUP Dr. M. Djamil.