Perputaran uang selama Bazar Merah Putih di Padang Rp2 miliar

id bazar,merah putih,padang

Perputaran uang selama Bazar Merah Putih di Padang Rp2 miliar

Inisiator Bazar Merah Putih di Padang Albert Hendra Lukman. Dalam Bazar yang digelar 13-20 Agustus 2023 itu terdata perputaran uang Rp2 miliar. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Inisiator Bazar Merah Putih yang juga Wakil Ketua Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang(HTT) Padang, Albert Hendra Lukman mengatakan perputaran uang selama kegiatan itu 13-20 Agustus 2023 mencapai Rp2 miliar.

"Data dari panitia, perputaran uang PAD seluruh stand yang berpartisipasi tahun ini mencapai Rp2 miliar dalam delapan hari," katanya di Padang, Senin.

Ia menyebut ada 96 stand yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut diantaranya 38 stand promosi, 10 stand UMKM, 38 stand kuliner, dan 10 stand permainan.

Albert mengatakan kegiatan yang digelar atas kolaborasi Pemprov Sumbar dan HTT itu digabungkan dengan Festival Adat dan Budaya Nusantara sehingga jumlah kunjungan menjadi meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu sehingga juga berefek terhadap meningkatnya perputaran uang.

"Penggabungan acara budaya dan ekonomi kreatif ini menjadi salah satu strategi jitu untuk mendatangkan lebih banyak orang. Terbukti sekitar 30 ribu orang mengunjungi kegiatan tersebut selama acara," katanya.

Ia menyebut jumlah kunjungan itu jauh lebih banyak dibandingkan kunjungan pada Bazar Merah Putih tahun lalu yang tidak digabungkan dengan kegiatan festival.

"Berpedoman kepada keberhasilan tersebut, kita berharap Bazar Merah Putih HTT ini bisa masuk ke dalam kalender kegiatan tahunan daerah," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan kegiatan tersebut berpotensi masuk ke dalam kalender acara pariwisata Sumbar karena terbukti bisa mendatangkan banyak orang.

"Kegiatan penting untuk sektor pariwisata. Tahun ini kita merancang lebih banyak iven untuk mendukung program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023. Tahun depan kita siapkan lagi banyak iven," katanya.

Ia menyebut banyaknya iven itu menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Sumbar sehingga target kunjungan sebanyak 8,2 juta wisatawan pada 2023 bisa terealisasi.*