Pemkab Solok gelar peringatan HUT RI di tengah Danau Singkarak

id Pemkab Solok, gelar peringatan, HUT RI, di tengah, Danau Singkarak

Pemkab Solok gelar peringatan HUT RI di tengah Danau Singkarak

Pemkab Solok saat menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang Ke-78 Republik Indonesia (RI) tahun 2023 di tengah Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Sumatera Barat menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2023 secara terapung di tengah-tengah Danau Singkarak.

Bupati Solok Epyardi Asda selaku inspektur upacara di Singkarak, Kamis, mengatakan upacara peringatan HUT RI tahun ini dilaksanakan di tengah-tengah Danau Singkarak yang bertujuan untuk memperlihatkan keindahan alam di Kabupaten Solok.

Selain itu, kata Epyardi, Kabupaten Solok memiliki pesona lima danau dan gunung talang serta alam perbukitan yang indah. Pelaksanaan upacara secara terapung di tengah danau ini terbilang ekstrem namun ini belum bisa mengalahkan perjuangan para pahlawan terdahulu.

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, Bupati Solok bersama jajaran Forkopimda mengendarai perahu jet ski dengan mengibarkan bendera merah putih di tengah-tengah Danau Singkarak dan dilanjutkan dengan lomba balap perahu dayung.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Solok, saya ucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari seluruh pihak sehingga upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini sukses kita laksanakan di tengah Danau Singkarak ini," ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan, merebut kemerdekaan bukanlah hal yang mudah namun untuk mengisi kemerdekaan ini juga bukanlah hal yang mudah sebagai mana cita-cita para pahlawan demi anak cucunya sehingga bisa menikmati kemerdekaan serta kehidupan yang damai dan tentram.

"Selaku kepala daerah saya mengajak kepada saudara-saudara semua mari kita hayati bagaimana perjuangan para pendiri bangsa yang kita cintai ini, sebagai generasi penerus mari kita terus lanjutkan perjuangan melalui profesi masing-masing," ujarnya.

Di samping itu, ia merasa bangga menjadi kepala daerah di Kabupaten Solok ini, bersama seluruh jajaran pemerintah, Solok super team dan Forkopimda bertekad melanjutkan perjuangan dalam memajukan bangsa dan negara yang dicintai.

Setelah satu tahun bendera merah putih berkibar di puncak Gunung Talang bertepatan pada 17 Agustus 2022. Tahun ini Pemerintah Kabupaten Solok melaksanakan upacara HUT ke-78 di tengah Danau Singkarak, untuk yang pertama kalinya.