35 Orang calon anggota Paskibraka Pasaman dilatih maksimal

id calon anggota Paskibraka Pasaman ,Berita pasaman,Berita sumbar

35 Orang calon anggota Paskibraka Pasaman dilatih maksimal

Pembekalan puluhan calon anggota Paskibraka Kabupaten Pasaman di Aula Arumas Sari Rasa, Kamis.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf. Putra Negara memberikan motivasi dan pembekalan terhadap 35 orang, terdiri dari 19 putra dan 17 putri calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra), di Aula Arumas Sari Rasa, Kamis.

Dandim Letkol Inf Putra Negara mengatakan, ini merupakan upaya menyukseskan pelaksanaan Pengibar Bendera Pusaka pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2023.

“Sebab nantinya Paskibra bertugas mengibarkan duplikat sang saka merah putih pada 17 Agustus 2023 ini,” kata Dandim Letkol Inf Putra Negara.

Ditegaskan, kata Dandim, kepada pelatih calon anggota Paskibra Kabupaten Pasaman, dapat melatih dengan keseriusan serta penuh tanggung jawab. Guna keberhasilan pengibaran sang saka merah putih pada upacara peringatan HUT RI ke-78 nantinya.

“Keberhasilan Paskibra, cerminan dari keseriusan petugas pelatih dalam membinanya,” ujarnya.

Lebih lanjut, harapan dari para calon peserta Paskibra dapat mengikuti setiap jadwal dan program latihan dengan baik dan sungguh-sungguh.

“Adik–adik adalah sebagai Duta dari sekolah Menengah Umum baik Negeri maupun Swasta, buatlah sekolah dan orang tua kalian bangga,” tegasnya.

Pelatihan Paskibraka tahun ini menghadirkan pelatih terbaik dari Kodim 0305 Pasaman (Peltu. Mairosy Putra dan Peltu. Rajaya Girsang) dan dari Polres Pasaman (Aipda Anton Surya Parma dan Brigadir Agung Widyo Laksono).

Sementara itu, Perwakilan pelatih Paskibraka Pasaman, Peltu. Rajaya Girsang menyampaikan, tidak hanya sekedar latihan PBB, para Paskibraka terpilih turut diuji ketahanan fisiknya.

“Mereka memulai latihan dengan lari pagi, kemudian latihan penguatan dengan push up dan set up, sprint dan aneka latihan lainnya untuk kekuatan kaki. Kemudian dilanjutkan dengan latihan baris berbaris pada pukul 10.00 WIB,” terangnya.

Sehingga mulai dari latihan sudah terbiasa beraktivitas di bawah terik matahari. Karena selain persyaratan seperti tinggi badan dan lainnya, yang paling utama adalah kesehatan mereka.

“Karena nantinya mereka harus tampil maksimal saat upacara kemerdekaan,” tandasnya.

Ia berharap bisa memberikan hasil yang terbaik dalam Upacara Kemerdekaan RI Ke-78 di Kabupaten Pasaman.