Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam dihadiri 35 ribu pengunjung, perputaran uang capai 1,7 milyar

id Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam ,Bupati Tanah Datar Eka Putra,Berita tanah datar,Berita sumbar

Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam dihadiri 35 ribu pengunjung, perputaran uang capai 1,7 milyar

Bupati Tanah Datar Eka Putra foto bersama masyarakat di Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Pelaksanaan program unggulan satu nagari satu event Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam di Puncak Pato, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar dihadiri 35 ribu pengunjung selama tiga hari dilaksanakan event tersebut.

"Dari laporan panitia, selama tiga hari dilaksanakan 17 hingga 19 Juni, Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam dikunjungi sebanyak 35 ribu orang," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Selasa.

Dia mengatakan, tingginya angka kunjungan ke Nagari Pato juga berdampak positif bagi pedagang dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu .

Tercatat, selama pelaksanaan event di Puncak Pato terjadi perputaran uang kurang lebih mencapai Rp1,7 miliar.

"Alhamdulillah, capaian ini tentu tidak terlepas dari dukungan dan parsipatif antara masyarakat yang di ranah maupun yang di rantau," kata Bupati.

Bupati juga ucapkan terimakasih kepada seluruh unsur yang telah menyukseskan dan mempromosikan kegiatan satu nagari satu ivent hingga dikunjungi tokoh nasional.

"Dari beberapa kegiatan satu nagari satu ivent tahun ini, nagari batu bulek yang teramai dari pembukaan sampai penutupan dan dihadiri oleh tokoh nasional, itu semua berkat kekompakan masyarakat nagari Batu bulek khususnya dan masyarakat Lintau umumnya," kata dia.

Salah seorang pedagang sate di lokasi Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam Parmi, (55) mengatakan, dengan dilaksanakan kegiatan tersebut memberikan dampak positif baginya dan pedagang lainnya.

Sebelumnya dihadiri biasa berjualan, omset jualannya hanya berjumlah Rp150 hingga 200 ribu per harinya, namun pada satu nagari satu event terjadi peningkatan hingga Rp1,5 juta per hari.

"Alhamdulillah hari pertama saya jualan dapat Rp1,5 juta, hari kedua dapat Rp1 juta, dan hari terakhir Insyaallah dapat lebih Rp1 juta sampai sore ini," kata dia.