Hermanto minta persiapan Penas Tani di Padang dimaksimalkan

id DPR RI,Sumbar,PKS,Penas Tani

Hermanto minta persiapan Penas Tani di Padang dimaksimalkan

Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto saat kunjungan ke lokasi Penas Tani di Lanud Sutan Sjahrir Kota Padang (ANTARA/Dokumen Pribadi)

Padang (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto meminta panitia penyelenggara memaksimalkan persiapan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XVI tahun 2023 di kawasan Pacuan Kuda Bandara Sutan Sjahrir, Perupuk Tabing, Padang yang akan dibuka Sabtu (10/5).

"Kita masih ada yang perlu dibenahi menjelang penyelenggaraan Penas Tani 10-15 Juni 2023," kata dia di Padang, Jumat.

Ia mengatakan ada peserta yang mengeluhkan drainase yang kurang baik dan bila hujan lebat, banjir. Setelah hujan makan kawasan itu akan berlumpur.

Selain itu masih banyak stand pameran yang belum rapi dan juga stand yang masih kosong atau belum tampak apa yang akan dipamerkan satu hari jelang pelaksanaan.

"Masih ada waktu untuk menyelesaikan berbagai kekurangan tersebut", kata anggota Fraksi PKS DPR RI itu .

Hermanto menyatakan pihaknya optimistis Penas XVI Sumbar sukses karena semua elemen terlibat aktif dan bekerja maksimal untuk negara.

Menurut dia Penas Tani merupakan kegiatan konsolidasi potensi dan kekuatan pertanian dalam menjaga ketahanan pangan NKRI dan negara besar ini tetap kokoh karena pertanian

Selain itu Penas Tani menjadi ajang gelar teknologi karena beragam teknologi pertanian dibutuhkan untuk mencapai kedaulatan pangan.

Penas Tani sendiri menghadirkan sekitar 40.000 peserta dari seluruh Indonesia dan semua tinggal berhari-hari di Kota Padang.

"Hal tersebut tentu berdampak pada geliat ekonomi yang luar biasa bagi Sumbar khususnya Padang", kata anggota DPR RI Dapil Sumbar 1 itu

Sementara Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan Indonesia XVI di Sumatera Barat pada 2023 menjadi ajang petani milenial untuk meningkatkan wawasan dan jaringan untuk mengembangkan usaha.

"Salah satu yang membedakan Penas Tani Nelayan XVI di Sumbar dengan kegiatan sebelumnya adalah pelibatan petani milenial. Kita mendukung agar petani milenial bisa meningkatkan wawasan dan jaringan," kata dia.

Ia mengatakan wawasan dan jaringan yang luas akan membantu dalam pengembangan usaha, termasuk bagi petani milenial karena itu ajang tiga tahunan tersebut harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh petani milenial terutama yang berasal dari Sumbar.

Menurutnya, sebagai tuan rumah, Sumbar memiliki keuntungan karena semua petani dan nelayan termasuk milenial bisa mengakses dengan mudah semua yang ditampilkan dalam Penas Tani Nelayan XVI.