Pj Bupati kembangkan sektor perikanan di Mentawai

id Pj bupati mentawai, perikanan,padang

Pj Bupati kembangkan sektor perikanan di Mentawai

Pj Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, SSt. Pi, M.si. (ANTARA/Dok Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pj Bupati Mentawai yang baru dilantik Fernando Jongguran Simanjuntak berupaya mengembangkan sektor perikanan di daerah kepulauan itu dengan memanfaatkan pengalaman, keilmuan dan jaringan yang dimilikinya.

"Kami akan pelajari potensi perikanan di Mentawai dan coba kita kembangkan menjadi lebih baik," kata Fernando yang juga menjabat sebagai Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar di Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan dihubungi di Padang, Kamis.

Ia mengatakan sebagai daerah kepulauan, Mentawai memiliki potensi perikanan yang besar, baik untuk perikanan tangkap maupun budidaya ikan air tawar dan laut.

Untuk bisa mengembangkan potensi itu, salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan mensinkronkan program di daerah dengan pusat.

Sebagai Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar di Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, ia memiliki pengalaman dan latar belakang keilmuan yang mendukung pengembangan sektor perikanan itu.

Ditambah lagi dengan jaringan yang baik di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) potensi untuk mensinkronkan program perikanan di Mentawai dengan pusat menjadi lebih besar.

Namun ia menegaskan dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Mentawai ia akan tetap melanjutkan program dari Pj Bupati sebelumnya dan mengikuti arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang termaktub dalam SK pengangkatannya sebagai Pj Bupati.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi melantik secara resmi Fernando Jongguran Simanjuntak sebagai Pj Bupati Mentawai yang akan memimpin daerah kepulauan itu satu tahun ke depan.

Penunjukan Pj Bupati Mentawai itu berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3 - 1215 Tahun 2023 Tanggal 20 Mei 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam pelantikan itu mengatakan tugas dan tanggung jawab Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai, walaupun sementara bukanlah hal yang mudah.

"Pj Bupati bertanggung jawab untuk menjamin berjalannya roda pemerintahan secara baik serta menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selain itu Pj Bupati Mentawai juga diharapkan bisa mengembangkan potensi yang ada di daerah terutama perikanan dan pariwisata.