Dandim 0305 Pasaman tanam 1.000 mangrove di Pantai Indah Maligi atasi abrasi (Video)

id Dandim 0305 Pasaman,Berita pasaman,Berita sumbar,Berita pasbar,Mangrove pasbar

Dandim 0305 Pasaman tanam 1.000 mangrove di Pantai Indah Maligi atasi abrasi (Video)

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0305 Pasaman, Sumatera Barat bersama Forkopimda melakukan penanaman mangrove di Panta Indah Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka mengatasi abrasi pantai, Senin. (Antara/Altas Maulana).

Simpang Empat (ANTARA) - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0305 Pasaman, Sumatera Barat melakukan penanaman mangrove sebanyak 1.000 batang di lahan sekitar satu hektare di Pantai Indah Maligi Kabupaten Pasaman Barat dalam mendukung penanaman serentak di wilayah pesisir Indonesia sebagai antisipasi abrasi pantai, Senin.

"Hari ini penanaman mangrove serentak di wilayah pesisir oleh Presiden Joko Widodo. Mudah-mudahan nanti bermanfaat bagi masyarakat. Penanaman ini kita libatkan semua unsur," kata Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf. Putra Negara di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan penanaman mangrove itu dilakukan Forkopimda yang dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Kapolres Agam AKBP Agung Basuki, Kepala Kejaksaan Negeri M. Yusuf Putra, sejumlah Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus dan kepala Organisasi Perangkat Daerah, camat, wali nagari, anggota TNI, Polri dan lainnya.

Menurutnya penanaman mangrove itu merupakan perintah dari Panglima TNI untuk melaksanakan penanaman mangrove di seluruh wilayah memiliki pantai atau pesisir.

Untuk Pasaman Barat pihaknya menyediakan satu hektare dan setelah ini akan dilanjutkan program ke lokasi lain.

"Kita bakal berkoordinasi dengan Pemkab Pasaman Barat dalam melanjutkan penanaman mangrove ke daerah lain, karena luas pesisir pantai di Pasaman Barat cukup panjang," katanya.

Ia mengakui, penanaman mangrove itu dalam rangka reboisasi di kawasan pesisir pantai, juga untuk mengantisipasi abrasi pantai dan penghijauan.

Dengan adanya penanaman mangrove itu, ia berharap dapat menginisiasi, memicu semangat masyarakat untuk menanam dan memelihara mangrove tersebut.

Sementara Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki menambahkan lokasi penanaman mangrove berada di kawasan wisata di daerah itu.

Ia berharap dengan pelestarian tanaman mangrove itu bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

"Apabila tumbuh, maka akan hidup biota berupa kepiting, ikan dan lainnya yang bisa dimanfaatkan masyarakat setempat," katanya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan penanaman mangrove di Pantai Indah Maligi Sasak.

"Mudah-mudahan tanaman ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain penghijauan juga dapat mengatasi abrasi dan sebagai mitigasi bencana," katanya. ***1***