Objek wisata Danau Talang ramai dikunjungi saat libur Lebaran

id Objek wisata, Danau Talang, ramai, dikunjungi selama, libur Lebaran, Idul Fitri,wisata solok,berita solok,breita sumbar

Objek wisata Danau Talang ramai dikunjungi saat libur Lebaran

Penampakan objek wisata Danau Talang di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Objek wisata Danau Talang yang berada di kaki Gunung Talang tepatnya di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ramai dikunjungi wisatawan selama berlibur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Wakil Ketua Pokdarwis Danau Talang Fery (39) di Danau Kembar, Selasa mengatakan objek wisata Danau Talang saat libur lebaran semakin ramai dikunjungi. Apa lagi setelah dilakukan renovasi.

Selain masyarakat sekitar, wisatawan yang berkunjung ke objek wisata itu berasal dari berbagai daerah. Termasuk wisatawan dari luar Sumbar.

"Sebelumnya objek wisata Danau Talang masih tahap renovasi, belum ada mushala. Namun sekarang sudah ada. Selain itu juga ada tempat parkir yang luas untuk para pengunjung," kata dia.

Selain menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, di objek wisata Danau Talang juga disediakan tempat berkemah bagi anak-anak muda yang ingin bermalam di pinggiran danau itu.

"Alhamdulillah lebaran tahun ini telah diizinkan membuka objek wisata. Kami juga sangat bersyukur karena banyaknya jumlah pengunjung di lebaran tahun ini," kata dia.

Menurut dia, potensi objek wisata Danau Talang kini semakin dirasakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat setempat setelah banyaknya pengunjung yang datang.

Untuk pengenalan objek wisata Danau Talang tersebut hanya melalui postingan di sosial media. Bahkan setiap pengunjung juga mengabadikan momen pulau indah tersebut di sosial media pribadi mereka. Sehingga tanpa disadari objek wisata itu semakin banyak dikenali.

"Alhamdulillah peran serta media dan sosial media sangat membantu. Bahkan banyak juga pengunjung dari luar daerah yang tertarik ke sini," katanya.

Ia mengaku semenjak adanya objek wisata itu sangat membantu untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Ia berharap ke depan objek wisata Danau Talang semakin berkembang dan semakin banyak dikenal oleh wisatawan lokal, nasional maupun internasional.

Selain itu, di sekitaran objek wisata Danau Talang juga terdapat beberapa tempat penginapan berupa vila. Salah satunya vila borneo yang sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu.

Tempat yang disuguhkan di vila itu sangat menarik karena tampak pemandangan wisata Danau Dibawah dan Danau Diatas.

Salah seorang pengelola Vila Borneo Wen mengatakan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan vila itu sebagai tempat berfoto pun dibolehkan dan tidak dipungut biaya apa pun.

Di samping itu, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok juga tengah gencar-gencarnya mengembangkan potensi objek wisata di daerah itu untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Bupati Solok Epyardi Asda juga akan memberikan dukugan bagi setiap masyarakat yang akan mengembangkan potensi daerah masing-masing. Khususnya bidang pariwisata.

Sebagai mana visi dan misi pemerintah Kabupaten Solok, yakni mambangkik batang tarandam (membangkitkan batang terendam) bidang pertanian, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan pariwisata. ***1***