Objek wisata Pulau Indah Solok ramai pengunjung selama libur lebaran

id Objek wisata, Pulau Indah ramai, dikunjungi selama, libur Lebaran, Idul Fitri,wisata solok,berita solok,breita sumbar

Objek wisata Pulau Indah Solok ramai pengunjung selama libur lebaran

Objek wisata Pulau Indah dekat Danau Diatas, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Sumbar (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Objek wisata Pulau Indah dekat Danau Diatas Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Sumatera Barat, ramai dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah.

Wakil Ketua Pokdarwis Taluak Dalam Ijal (45) di Taluak Dalam, Senin, mengatakan objek wisata Pulau Indah saat libur lebaran semakin ramai dikunjungi, apalagi setelah dilakukan renovasi.

Selain masyarakat sekitar, wisatawan yang berkunjung ke Pulau Indah itu berasal dari berbagai daerah, termasuk wisatawan dari luar Sumbar.

Ijal mengaku potensi objek wisata Pulau Indah itu semakin dirasakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sekitar setelah banyaknya pengunjung yang datang.

"Kami mengembangkan objek wisata ini sejak beberapa tahun lalu. Namun alhamdulillah banyak wisatawan yang tertarik untuk menyaksikan keindahan pulau ini," katanya.

Lebih lanjut, Ijal mengatakan untuk pengenalan objek wisata Palau Indah tersebut hanya melalui postingan di media sosial. Bahkan setiap pengunjung juga mengabadikan momen Pulau Indah tersebut di media sosial pribadi mereka.

"Alhamdulillah peran serta media sosial sangat membantu. Bahkan banyak juga pengunjung dari luar daerah yang tertarik ke sini," katanya.

Ia mengaku sejak adanya objek wisata Pulau Indah itu sangat membantu untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Biasanya jumlah pengunjung selama satu minggu hanya 60 orang dengan tiket Rp5 ribu. Bahkan kini lebih dari biasanya.

"Alhamdulillah total anggaran terkumpul dari penjualan tiket masuk sepanjang tahun 2022 kemarin sekitar Rp30 juta," ujar dia.

Uang yang terkumpul tersebut kembali dipergunakan untuk pengelolaan objek wisata Pulau Indah agar lebih bagus dan layak lagi ke depannya.

"Kami yakin jika objek wisata ini semakin bagus, tentu akan membuat pengunjung tertarik lagi untuk datang dan lebih nyaman ke sini. Bahkan sebelumnya juga ada pengunjung dari Malaysia," ujar dia.

Menurutnya, objek wisata tersebut layak dijadikan sebagai objek wisata berkelas nasional, bahkan internasional.

Saat ini Pulau Indah yang semakin dikenal masyarakat itu juga menyediakan tempat duduk dan tempat berfoto, bahkan disediakan sewa tenda untuk berkemah di pinggir Danau Diatas.

Pulau indah itu merupakan satu-satunya pulau yang terletak di pinggir Danau Diatas atau di Taluak Dalam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar.

Saat ini pulau tersebut masih dalam tahap pengerjaan, rencananya Pokdarwis di sana akan memperluas pulau dan membuatkan jembatan untuk akses ke pulau.

"Sebetulnya sudah ada jembatan menuju pulau, namun masih sederhana dan terbuat dari bambu. Kami takut akan membahayakan pengunjung," ujar dia.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok juga tengah gencar-gencarnya mengembangkan potensi objek wisata di daerah itu untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Bupati Solok Epyardi Asda juga akan memberikan dukungan bagi setiap masyarakat yang akan mengembangkan potensi daerah masing-masing, khususnya bidang pariwisata.

Sebagaimana visi dan misi Pemerintah Kabupaten Solok, yakni "mambangkik batang tarandam" (membangkitkan batang terendam) bidang pertanian, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.