Swalayan terbakar di Padang kerugian capai Rp3 miliar

id Padang,Sumbar,pemadam kebakaran, Aciak Mart

Swalayan terbakar di Padang kerugian capai Rp3 miliar

Petugas berupaya memadamkan api yang membakar swalayan di Kota Padang,Sumbar pada Rabu siang (ANTARA/ HO Damkar)

Padang (ANTARA) - Sebuah swalayan bernama Aciak Mart di Jalan Sutan Syahrir Kota Padang, Sumatera Barat hangus terbakar pada Rabu (12/4) dan kerugian yang ditaksir akibat kejadian itu mencapai Rp3 miliar.

Kabid Operasional Sarana dan Prasarana Damkar Kota Padang, Sutan Hendra di Padang, mengatakan kebakaran dilaporkan terjadi sekitar pukul 10.53 WIB dan pihaknya langsung mengirimkan personel untuk melakukan pemadaman ke lokasi.

“Kita lakukan pemadaman selama satu jam dari pukul 10.57 WIB hingga 11.57 WIB dan memang asap sudah membesar saat petugas datang ke lokasi," kata dia.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Sumatera Barat menurunkan 13 unit mobil pemadam kebakaran.

Mereka juga dibantu mobil pemadam kebakaran milik Pt Semen Padang dan TNI AL dalam mematikan api.

“Ada 70 personel yang turun melakukan pemadaman kebakaran tersebut,” kata dia.

Ia mengatakan informasi dari saksi di lokasi api berasal dari dalam gudang yang berada di belakang toko dan setelah melihat api saksi langsung menghubungi pemadam kebakaran.

“Untuk penyebab kebakaran kami belum dapat memastikan dan itu nanti pihak kepolisian yang akan mengeluarkan pernyataan,” kata dia

Ia mengatakan bangunan yang terbakar adalah satu unit swalayan dan dapur rumah makan dengan luas lahan yang terbakar sekitar 300 meter persegi.

“Bangunan yang terdampak kebakaran ada empat ruko dan jumlah penghuni di bangunan yang terbakar sekitar 40 orang,” kata dia.

Ia mengatakan untuk korban jiwa akibat kejadian ini tidak ada namun prediksi kerugian mencapai Rp3 miliar.

"Kita mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi-potensi yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Apalagi cuaca panas dan kering ini juga berpotensi membuat terjadi kebakaran lahan dan lainnya," kata dia.

Swalayan Aciak Mart ini merupakan milik dari Wakil Ketua DPRD Kota Padang Amril Amin yang memiliki sejumlah cabang di Kota Padang.***3***