Ini lima desa wisata Sumbar yang berhasil masuk 75 besar ADWI 2023

id Adwi 2023, ADWI sumbar 2023

Ini lima desa wisata Sumbar yang berhasil masuk 75 besar ADWI 2023

Tangkapan layar pengumuman 75 besar ADWI 2023. (ANTARA/Dinas Pariwisata Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Lima desa wisata di Sumatera Barat berhasil masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda ketika dihubungi dari Padang, Selasa, mengatakan lima desa wisata tersebut adalah Desa Wisata Nyarai (Kabupaten padang Pariaman), Desa Wisata Kubu Gadang (Kota Padang Panjang), Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung (Kabupaten Sijunjung), Desa Wisata Puncak Lawang (Kabupaten Agam), dan Desa Wisata Muntei (Kabupaten Mentawai).

"Secara nasional Sumbar masuk jajaran daerah dengan jumlah desa wisata terbanyak pada ADWI 2023. Berada di bawah Jawa Timur (delapan desa wisata), Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat masing-masing tujuh desa wisata," katanya.

Posisi Sumbar sejajar dengan Jawa Tengah yang juga berhasil meloloskan lima desa wisata pada ajang tingkat nasional tersebut.

Namun untuk regional Sumatera, Sumbar menjadi posisi teratas dengan lima desa wisata diikuti Sumatera Utara dan Aceh dengan tiga desa wisata.

Luhur mengatakan lolosnya lima desa wisata dari Sumbar itu patut disyukuri karena persaingan tahun ini semakin ketat dari tahun-tahun sebelumnya.

Total 4.573 desa wisata mendaftar dari seluruh provinsi di Indonesia dalam ADWI 2023. Dari jumlah itu, Sumbar mengirimkan 327 desa wisata dan lolos lima desa wisata hingga 75 besar.

"Kami berharap lima desa wisata ini terus melangkah hingga bisa menjadi yang terbaik di Indonesia," katanya.

Ia menyebut menjadi jawara ADWI 2023 bukan sekadar prestasi tetapi juga menjadi ajang promosi pariwisata daerah dalam rangka Visit Beautiful West Sumatera 2023.

"Kami butuh promosi untuk bisa memperkenalkan potensi pariwisata daerah agar kunjungan bisa meningkat," ujarnya.

Sumbar menargetkan 8,2 juta kunjungan wisatawan pada 2023 melalui program Visit Beautiful West Sumatera. (*)