Bawaslu Pasaman Barat adakan pembekalan kearsipan bagi Panwaslu kecamatan

id bawaslu pasaman barat,panwaslu kecamatan,pengelolaan arsip

Bawaslu Pasaman Barat adakan pembekalan kearsipan bagi Panwaslu kecamatan

Bawaslu Pasaman Barat saat mengadakan pembekalan pengelolaan kearsipan bagi Panwaslu Kecamatan. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memberikan pembekalan kepada Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan sebagai upaya meningkatkan pengelolaan kearsipan yang lebih baik.

"Pembekalan ini kita adakan selama dua hari berupa bimbingan teknis bagi seluruh Panwaslu Kecamatan se-Pasaman Barat," kata Ketua Bawaslu Pasaman Barat Emra Patria di Simpang Empat, Senin.

Menurutnya pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sehingga pengelolaan arsip semakin lebih baik.

"Bimbingan teknis pengelolaan ketatausahaan kearsipan dan teknis pengawasan sangat penting kita lakukan. Mudah-mudahan kedepannya lebih baik," katanya.

Koordinator Divisi Hukum pencegahan partisipasi Masyarakat dan hubungan Masyarakat (HPPH) Bawaslu Pasaman Barat Aditia Pratama mengatakan, kearsipan bukan hanya sebagai penyimpan data semata, namun juga merupakan salah satu alat pengawasan organisasi.

"Bimtek tersebut merupakan program kerja, karenanya Bawaslu berkerja sama dengan Perpustakaan dan Kearsipan dalam memberikan bimbingan teknis akan pentingnya sebuah pengawasan," katanya.

Ia menyampaikan tahapan Pemilu ini sangat penting apabila proses ini tidak berjalan dengan baik, maka proses pemilu tidak akan berjalan baik.

Apabila tahapan Pemilu berjalan dengan baik maka proses Pemilu akan berjalan dengan lancar.

"Kita mampu sebagai pengawas yang baik. Baik buruk pengawasan tergantung kita sebagai pengawas Pemilu," sebutnya.

Saat ini pihaknya sedang melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024 pemutakhiran data pemilih dengan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih untuk Pemilu 2024.*