TC pertama timnas U-22 terpilih 16 pemain, ini penilaian Indra Sjafri

id sea games 2023,pssi,indra sjafri ,timnas u22 indonesia

TC pertama timnas U-22 terpilih 16 pemain, ini penilaian Indra Sjafri

Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri (depan) bersama para asistennya (belakang) memberikan pernyataan kepada pewarta usai memimpin latihan persiapan SEA Games 2023 di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/3/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri mengatakan, kualitas sekitar 16 pemain, dari total 34 pemain, yang mengikuti pemusatan latihan (TC) pertama persiapan SEA Games 2023 sudah sesuai harapan.

"Saya 'surprise' karena kualitas pemain-pemain yang ada sekarang sekitar lebih dari separuh sesuai dengan harapan kami. Minimal kami sudah mengantongi 15 atau 16 nama," ujar Indra usai memimpin latihan skuadnya di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Meski demikian, pria yang juga direktur teknik PSSI itu belum dapat memastikan siapa saja pemain-pemain tersebut.

Indra masih akan melihat penampilan mereka pada laga uji coba internal terakhir pada Rabu (8/3), sekaligus menutup TC tahap pertama SEA Games 2023.

Adapun TC tahap pertama itu diikuti 34 pemain yang berasal dari klub-klub Liga 1, tetapi jarang diturunkan, dan Liga 2.

Mereka menjalani TC tersebut sejak 1 Maret. Nantinya, TC fase kedua berlangsung pada 9-16 Maret 2023.

"Besok kami akan mengembalikan (ke klub-red) pemain yang tidak terpilih. Lalu yang kami anggap kualitasnya masuk, akan melanjutkan TC sampai 16 Maret 2023. Nanti ada pemain lain yang bergabung untuk bareng latihan bersama mereka," tutur Indra.

Namun, pemain-pemain terbaik dari dua tahap TC itu nantinya masih akan bersaing dengan para pemain yang berlaga reguler di Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Pemain-pemain muda andalan klub masing-masing di Liga 1 itu diberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan di kompetisi oleh Indra.

"Untuk pemanggilan pemain dari Liga 1, saya akan diskusi lagi dengan pelatih mereka. Akan tetapi, menurut saya mereka lebih baik bermain di Liga 1, di kompetisi. Saya tidak mau terlalu cepat memanggil mereka. Saat ini ada 23 pemain di Liga 1 yang kami pantau," kata Indra.

SEA Games 2023 akan berlangsung di Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

Timnas U-22 Indonesia ditargetkan meraih medali emas pada ajang tersebut. Di SEA Games, skuad “Garuda” baru dua kali menjadi yang terbaik pada cabang olahraga sepak bola putra yakni tahun 1987 dan 1991. (*)