Pemprov Sumbar latih 50 generasi muda untuk jadi entrepreneur digital

id Young Entrepreneur Digital ,pemprov sumbar,dprd sumbar,supardi

Pemprov Sumbar latih 50 generasi muda untuk jadi entrepreneur digital

Ketua DPRD Sumbar Supardi saat membuka kegiatan Young Entrepreneur Digital I angkatan pertama dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar yang dilaksanakan di Agam Jua 1 sampai 4 Maret 2023. (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat memberikan pelatihan untuk 50 orang generasi muda yang selama ini bergerak di bidang digital yang akan dipersiapkan untuk menjadi entrepreneur digital.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar Supardi di Payakumbuh, Kamis, mengatakan pelatihan untuk generasi muda ini untuk menciptakan 100 ribu milineal entrepreneur dan women entrepreneur sesuai dengan program yang telah dimaklumatkan Pemprov Sumbar.

"Kita lihat dan sadar anak muda Payakumbuh ini mempunyai potensi yang luar biasa. Ini dapat dilihat dari hasil kreativitas mereka," kata dia.

Hal tersebut disampaikannya disela-sela kegiatan Young Entrepreneur Digital I angkatan pertama dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar yang dilaksanakan di Agam Jua 1 sampai 4 Maret 2023.

Kegiatan ini untuk mewujudkan 100 ribu milenial entrapreneur dan women entrepreneur serta pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil menengah serta ekonomi berbasis digital di Provinsi Sumatera Barat.

Menurutnya hal ini juga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sumbar yang di triwulan ke IV 2022 hanya meningkat 4,15 persen dan berada di nomor sembilan dari 10 provinsi di Sumatera.

"Dari tren pertumbuhan ekonomi ini, banyak persoalan masyarakat yang terjadi. Kalau di Padang nampak, toko-toko banyak yang ditempelkan kata-kata dikontrakkan dan dijual. Hal ini tentu nantinya akan menggerus hal lain bisa saja pendidikan," katanya.

Untuk itu, kegiatan kali ini salah satu kunci bagaimana keluar dari krisis ekonomi yang sejalan dengan program Pemprov Sumbar untuk menciptakan 100 ribu entrepreneur.

"Bagaimana kita menciptakan jiwa kemandirian kita. Kita akan maju jika banyak menciptakan entrepreneur karena sama dengan kita menciptakan lapangan kerja baru," ujarnya.

Pelatihan ini, kata dia tidak hanya cukup untuk empat hari ini, karena nantinya akan ada lanjutan pelatihan lagi sehingga nantinya ada kematangan

Sementara itu Kabid Pengembangan Pemuda Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Sumbar Gusti Anola mengatakan kegiatan ini untuk membangkitkan semangat anak muda Sumbar dan mendorong berkembangnya pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kegiatan kita ini Dilaksanakan selama selama hari dan pesertanya berjumlah 50 orang dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Narasumber unsur pemerintah, DPRD, Dispora Sumbar, konten lreator, dan penggiat media sosial," ujarnya.