Kemenpan RB nilai MPP Sawahlunto berhasil berikan pelayanan prima

id Wali Kota Sawahlunto Deri Asta,berita sawahlunto,berita sumbar

Kemenpan RB nilai MPP Sawahlunto berhasil berikan pelayanan prima

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menerima piagam penghargaan pelayanan prima dari Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa, Kamis. (Antara/Yudha Ahada)

Sawahlunto, (ANTARA) - Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan nilai A atau sangat baik untuk Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dalam keterangan tertulis yang diterima di Sawahlunto, Jumat menyampaikan atas perolehan nilai sangat baik itu Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB memberikan piagam penghargaan kategori pelayanan prima kepada Pemkot Sawahlunto.

"Alhamdulillah, kemarin kami menerima piagam penghargaan itu dari Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, ibu Diah Natalisa di Jakarta. Penghargaan itu wujud apresiasi dari Kementerian atas hasil evaluasi yang telah mereka lakukan pada bulan Juli sampai November Tahun 2022 lalu," kata dia.

Ia menyebut Mall Pelayanan Publik (MPP) Sawahlunto berhasil memenuhi seluruh indikator pelayanan paripurna yang wajib dimiliki unit pelayanan publik.

"Dalam misi Pemkot Sawahlunto, berbunyi menghadirkan pemerintahan yang baik, bersih dan inovatif, kemudian tersedianya infrastruktur publik yang merata dan memadai, setelah itu menerapkan kota berbasis smart city (kota pintar) untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya tarik investor. Kami membangun Mall Pelayanan Publik (MPP) merupakan bagian dari penerapan misi tersebut," ujarnya menjelaskan.

Atas keberhasilan mencapai nilai sangat baik dari evaluasi Kemenpan RB itu, Wali Kota Deri Asta mengajak jajaran perangkat daerah terkait khususnya Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP Naker) agar dapat mempertahankan nilai A tersebut.

"Kerja kita untuk pelayanan publik tidak selesai setelah mendapat nilai sangat baik ini. Mari kita lebih giat dan semangat mempertahankan kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama melalui Mall Pelayanan Publik (MPP)," ujar dia mengajak.

Kepala DPMTSP Naker Sawahlunto Dwi Darmawati menyampaikan selain Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan yang terus ditingkatkan, di MPP fasilitas yang tersedia juga lengkap, tidak hanya fasilitas umum namun juga fasilitas bagi penyandang disabilitas.

"Ada 25 gerai pelayanan yang terselenggara di MPP ini, sementara untuk perizinan ada 219 jenis," kata dia.

Dwi Darmawati menyampaikan bahwa MPP itu menggunakan bangunan eks pasar Songket Silungkang di Simpang Muaro Kalaban dengan luas lantai dasar 1.300 M2.

"Kami membuka jam pelayanan sejak jam delapan pagi sampai jam empat sore. Berbagai fasilitas yang disediakan yakni jaringan internet (Wi-Fi), pusat informasi, parkir, mushalla, ruang laktasi, ruang bermain anak, pelayanan khusus disabilitas, kantin dan dilengkapi pengawasan CCTV," ujar dia merinci.

Sedangkan untuk 25 gerai yang sudah beroperasi saat ini adalah ; gerai DPMTSP-Naker, gerai SAMSAT, gerai Bank Nagari, gerai Pajak Pratama, gerai BPJS Ketenagakerjaan, gerai BPJS Kesehatan, gerai Disdukcapil, gerai Polres, Gerai BNN, gerai Imigrasi, gerai Taspen, gerai Kejaksaan, gerai Kemenag.

"Kemudian gerai PT. POS, gerai PLN, gerai BPKAD, gerai PDAM, gerai PPID, gerai BPN, gerai LPSE, pusat informasi pariwisata, pusat informasi warisan dunia dan layanan notaris serta PPAT," ujar dia merinci.

Diungkapkannya, MPP Sawahlunto adalah MPP kelima yang berdiri di Provinsi Sumatera Barat, dan MPP pertama yang diresmikan oleh Menpan RB Azwar Anas. (*)