Koperasi Anak Nagari Minangkabau bantu pemasaran produk UMKM hingga ke Eropa

id rendang,koperasi anak nagari minangkabau,ekspor rendang,mahyeldi,sumatera barat

Koperasi Anak Nagari Minangkabau bantu pemasaran produk UMKM hingga ke Eropa

Koperasi Anak Nagari Minangkabau menerima piagam penghargaan dari Dinas Koperasi dan UKM Sumbar karena menjadi salah satu yang tercepat menggelar RAT pada 2023. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Koperasi Anak Nagari Minangkabau telah membantu pemasaran produk UMKM, yang menjadi anggotanya di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat hingga merambah ke pasar Eropa.

"Koperasi kita memang fokus untuk membantu pemasaran dari produk UMKM milik anggota yang sebelumnya kesulitan akibat pandemi. Sekarang, pasar kita sudah merambah hingga Eropa," kata Ketua Koperasi Anak Nagari Minangkabau Febrianti Takarina di Padang, Sumbar, Rabu.

Ia menyebut ada enam bidang usaha yang digeluti oleh anggota koperasi yaitu kuliner, fashion, pariwisata, kriya, budaya, dan jasa. Koperasi berupaya untuk bisa membuka pasar bagi seluruh bidang tersebut. Namun yang paling berkembang saat ini adalah bidang kuliner.

Untuk bidang kuliner seperti rendang, bumbu rendang, keripik dan kuliner lain pemasarannya sudah cukup luas mulai dari Pulau Jawa, Papua, bahkan ke Jerman.

"Bumbu rendang dari UMKM milik anggota sudah kita pasarkan hingga ke PT Freeport Indonesia (Papua) dan Jerman. Ke Freeport sudah ada kontrak untuk pengiriman rendang sementara ke Jerman khusus bumbu rendang," katanya.

Pasar di Eropa memang sangat ketat soal produk daging, karena itu UMKM di bawah Koperasi Anak Nagari Minangkabau menyiasati dengan mengirimkan bumbu rendangnya saja.

"Setelah beberapa kali percobaan, ternyata bumbu rendang yang kita kirimkan mendapat tanggapan positif dari masyarakat Jerman sehingga kita bisa membuka peluang pasar baru di sana dan mudah-mudahan bisa merambah negara Eropa lainnya," ujarnya.

Ketua Pengawas Koperasi Anak Nagari Minangkabau Rafdinal menyebut upaya yang dilakukan oleh lembaga itu telah memberikan peluang bagi UMKM di Sumbar untuk perluasan pasar.

"Sekarang, kita tidak hanya memasarkan produk dari anggota saja. Kita juga memasarkan produk dari UMKM binaan yang memiliki perwakilan anggota di koperasi," ujarnya.

Ia menilai tujuan awal koperasi untuk membantu pemasaran produk UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 sudah berjalan sesuai rel yang diinginkan.

Ia berharap ke depan, lima bidang usaha lain bisa pula dicarikan pasar potensialnya sehingga semua UMKM milik anggota bisa berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Nazwir memberikan apresiasi kepada pengurus Koperasi Anak Nagari Minangkabau yang dinilainya telah memaksimalkan peran lembaga untuk menyejahterakan anggotanya.

Ia juga memuji koperasi tersebut yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang menjadi salah satu indikator koperasi yang sehat.

Koperasi Anak Nagari Minangkabau didirikan pada Desember 2021 dan dikukuhkan kepengurusannya oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi pada 14 Februari 2022.

Hingga saat ini koperasi itu sudah memiliki sekitar 50 anggota yang sebagian besar mengelola UMKM sendiri.