Menteri BUMN ungkap langkah jitu Presiden Jokowi atasi pandemi

id Menteri BUMN ,Erick Thohir ,Langkah jitu,Presiden Jokowi ,Pandemi

Menteri BUMN ungkap langkah jitu Presiden Jokowi atasi pandemi

Menteri BUMN Erick Thohir. ANTARA/HO-Kementerian BUMN/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan keberhasilan Indonesia keluar dari pandemi COVID-19 tidak lepas dari langkah jitu dan keputusan tepat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Erick menilai kebijakan yang diambil Presiden Jokowi terbukti efektif dalam menangani pandemi COVID-19.

"Bagaimana policy Pak Jokowi sejak awal itu gas dan rem, yang mana beliau sangat yakin dan mempertahankan itu," ujar Erick dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.Menurut dia, Presiden Jokowi juga sejak awal menekankan pentingnya mendapatkan akses vaksin lebih cepat. Kehadiran vaksin pada awal tahun dan juga booster menjadi salah satu kunci keberhasilan Indonesia dalam meredam tingginya kasus COVID-19.

"Sekarang kita sudah punya yang namanya vaksin IndoVac, buatan kita sendiri, jadi tidak impor lagi, belum lagi alat alat kesehatan yang kita sudah mulai bisa membuat sendiri," kata Erick.

Keseriusan Presiden Jokowi dalam membangun kemandirian sektor kesehatan dalam negeri berdampak besar pada peningkatan akses dan layanan kesehatan.

"Saya sepakat yang namanya kebijakan memakai masker harus dipertahankan, terutama untuk kendaraan umum atau pun individu-individu yang merasa dia pada kondisi tidak prima, sebaiknya ini menjadi kesadaran kita dalam mendidik masyarakat agar tetap memakai masker dengan kondisi tertentu," katanya.