Pembakaran Al Quran di Swedia, ini respon Turki

id Turki,Pembakaran Quran,Swedia

Pembakaran Al Quran di Swedia, ini respon Turki

Bendera Swedia dan Uni Eropa terpasang di depan gedung parlemen Swedia. (Xinhua)

Istanbul (ANTARA) - Yayasan keagamaan Turki Istanbul Syriac Kadim Foundation pada Sabtu (21/1) mengecam "keras" pembakaran Al Quran oleh seorang ekstremis sayap kanan Swedia-Denmark di Stockholm.

"Tidak dapat diterima penghinaan terhadap nilai-nilai sakral, dengan tujuan apa pun, atas nama kebebasan," tulis yayasan tersebut di Twitter.

Kecaman itu datang setelah pemimpin partai sayap kanan Stram Kurs (Garis Keras), Rasmus Paludan, membakar sebuah Al Quran di depan Kedutaan Besar Turki di ibu kota Swedia, Stockholm.

Lantaran Swedia telah memberikan izin rencana pembakaran kitab suci umat Islam tersebut, Ankara membatalkan kunjungan Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson ke Turki.

Pada Jumat (20/1), Kementerian Luar Negeri Turki memanggil Duta Besar Swedia di Ankara, Staffan Herrstrom, yang diberi tahu bahwa Turki "mengutuk keras tindakan provokatif ini, yang jelas-jelas merupakan kejahatan berdasarkan kebencian".

Kemenlu juga mengatakan bahwa "sikap Swedia tidak dapat diterima dan Ankara berharap agar tindakan tersebut tidak diizinkan dan penghinaan terhadap nilai-nilai sakral tidak bisa dilindungi dengan kedok hak-hak demokratis."

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Turki kecam keras pembakaran Al Quran di Swedia