China pertahankan suku bunga acuan pinjaman

id bank sentral China,bunga acuan,bunga LPR

China pertahankan suku bunga acuan pinjaman

Foto Dokumen: Orang-orang yang memakai masker berjalan melewati kantor pusat bank sentral China, People's Bank of China (PBoC), 4 April 2020. ANTARA/REUTERS/Tingshu Wang

Shanghai (ANTARA) - Bank sentral China, People's Bank of China (PBoC) mempertahankan suku bunga acuan pinjaman tidak berubah selama empat bulan berturut-turut di penetapan bulanan pada Selasa, sesuai dengan ekspektasi pasar.

Suku bunga dasar pinjaman (loan prime rate/LPR) satu tahun dipertahankan pada 3,65 persen, sedangkan LPR lima tahun tidak berubah pada 4,30 persen.

Dalam jajak pendapat dari 27 pengamat pasar, 17 atau 63 persen peserta memperkirakan tidak ada perubahan pada salah satu suku bunga, namun ekspektasi pelonggaran moneter meningkat.

Sebagian besar pinjaman baru dan terhutang di China didasarkan pada LPR satu tahun, sedangkan suku bunga lima tahun mempengaruhi suku bunga hipotek (KPR). China terakhir memangkas keduanya pada Agustus untuk mendongkrak perekonomian.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: China tahan suku bunga acuan pinjaman tak berubah 4 bulan beruntun