Universitas Muhammadiyah Sumbar buka penerimaan mahasiswa baru

id Sumbar,UMSB,Padang,Muhammadiyah

Universitas Muhammadiyah Sumbar buka penerimaan mahasiswa baru

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (ANTARA/HO UMSB Sumbar)

Padang (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023- 2024 gelombang pertama yang akan dimulai pada 15 Desember 2022.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dr. Riki Saputra dalam keterangan tertulis di Padang, Senin mengatakan para calon mahasiswa baru bisa memilih salah satu dari 28 program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mulai dari D.III sampai Program Pascasarjana.

"Program studi itu yang ditawarkan sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa agar dapat menuntut ilmu dengan penuh semangat, mampu berinovasi dan berkarya dengan ide-ide cemerlang," kata dia.

Selain itu Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat secara berkelanjutan terus berupaya membumikan filosofi "menara air" dan melangitkan "menara gading". Mulai di awal tahun 2021 sampai sekarang, pemeringkatan ranking perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan versi lembaga survei internasional UniRank, Webometrics dan EduRank menempatkan bahwa UM Sumatera Barat sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik kedua di provinsi Sumatera Barat.

"Kita memanggil generasi muda dan calon pemimpin bangsa untuk memilih Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat untuk mewujudkan cita-cita," kata dia.

Sementara Kepala UPT Humas, Promosi dan PMB UM Sumatera Barat Hendri Novigator mengatakan tingginya minat milenial yang ingin berkuliah di kampus tersebut membuat kampus membuka penerimaan dalam gelombang yaitu gelombang pertama 15 Desember 2022 hingga 30 Juni 2023 dan gelombang kedua pada 1 Juli hingga 10 Oktober 2023.

"Kali ini kita buka gelombang pertama penerimaan mahasiswa baru dengan sejumlah kemudahan karena pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses website kampus https://www.pmb.umsb.ac.id/ atau menghubungi nomor 0853-6525-1025/0823-8497-0907," kata dia.

Ia menambahkan selain daring, calon mahasiswa juga dapat mendaftarkan diri secara langsung ke empat lokasi Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yakni di Kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi dan Payakumbuh.

Mahasiswa baru UM Sumatera Barat mulai Tahun Akademik 2023/2024 akan diterapkan sistim pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT), mulai yang terendah Rp3,7 juta per-semester dan yang yang tertinggi Rp8,2 juta per semester sesuai dengan program studi yang dipilih mahasiswa.

"UKT tersebut sudah termasuk semua jenis keuangan yang berlaku di UM Sumatera Barat, seperti uang pengembangan, uang perlengkapan, uang komprehensif, uang praktikum atau laboratorium, uang Kuliah Kerja Nyata, uang wisuda, dan lain sebagainya," kata dia.

Selain itu Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat juga menawarkan banyak beasiswa untuk memudahkan mahasiswa dalam menjalankan masa studi mereka.

"Mulai dari beasiswa persyarikatan Muhammadiyah, beasiswa rekomendasi perangkat nagari/desa, beasiswa rekomendasi mitra kampus, beasiswa prestasi atau undangan, beasiswa program sekolah kader Muhammadiyah, beasiswa dhuafa, beasiswa mahasiswa asing, beasiswa KIP-K, dan banyak beasiswa lainnya," kata dia.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2023