Tour de PDRI 2022 elaborasi sejarah dan pariwisata

id Tour de PDRI 2022,Tour de PDRI Solok Selatan

Tour de PDRI 2022 elaborasi sejarah dan pariwisata

Peserta Tour de PDRI di Solok Selatan. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang Aro (ANTARA) - Tour de PDRI 2022 digelar dengan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu dengan lebih mengelaborasi sisi sejarah yang belum tergali dan sisi pariwisata daerah yang dilewati.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda di Solok Selatan, Rabu mengatakan sebelumnya kata "tour" lebih dipahami sebagai ajang bersepeda. Ratusan pesepeda dari berbagai daerah di Sumbar mengikuti kegiatan yang berkesinambungan dari Padang hingga ke Limapuluh Kota.

"Tahun ini kita mencoba membawa kata "tour" itu sebagai perjalanan untuk menggali peristiwa sejarah PDRI serta mempromosikan pariwisata daerah yang dilewati," ujarnya.

Karena itu Dinas Pariwisata Sumbar sengaja membawa influencer agar makin menggaungkan sejarah PDRI ini terutama bagi generasi muda yang mayoritas pengguna media sosial.

Peserta juga sengaja diinapkan di desa wisata di Solok Selatan agar bisa mengeksplorasi kekayaan potensi wisata daerah.

"Hampir semua daerah di Sumbar memiliki potensi wisata yang luar biasa. Potensi ini harus kita angkat agar makin dikenal. Apalagi kita juga memiliki program Visit Beautiful West Sumatera 2023," ujarnya.

Ia berharap Tour de PDRI kali ini selain bisa memberikan edukasi tentang sepenggal perjuangan bangsa yang mempertahankan NKRI selama delapan bulan di hutan belantara Sumatera Barat, juga bisa mempromosikan wisata untuk mendukung Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Sementara itu Sekda Kabupaten Solok Selatan Syamsurizaldi mengatakan rombongan pesepeda ini gowes mengitari jalur-jalur yang mengingatkan pada perjuangan Ketua PDRI Syafruddin Prawira Negara di Solok Selatan.

Rombongan pesepeda dilepas di Kantor Bupati Solok Selatan kemudian menuju Tugu PDRI, Stasiun Pemancar Radio PDRI dan finish di SMPN 6 Solok Selatan. Sepanjang jalan rombongan pesepeda disambut hangat masyarakat dan murid SD dengan mengibarkan bendera merah putih.

Selain komunitas pesepeda, ikut dalam rombongan pesepeda tersebut OPD Pemprov Sumbar dan Forkopimda.

Pada tahun 2022, Tour de PDRI dimulai di Solok Selatan. Pada tahun sebelumnya etape I di mulai di Padang dan dilanjutkan etape II di Solok Selatan.***3***